Seluas 13 Hektar Sawah di Bies Tergenang Air  

TAKENGON – Setidaknya seluas 13 hektar sawah masyarakat di Kecamatan Bies tergenang air akibar dampak curah hujan yang tinggi akhir pekan ini. Data tersebut dilaporkan Camat Bies, Muslim, Sening (20/4/2015) kepada Kabag Humas Aceh Tengah, Mustafa Kamal.

Menurut Mustafa Kamal, data kerusakan lahan persawahan tersebut diperolehnya berdasar informasi para Reje (lurah/keuchik) dan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat. “Diperkirakan sekitar 68 kaleng benih atau 13 hektar sawah yang digenangi air. Demikian yang disampaikan Camat Bies, Muslim kepada saya,” kata Mustafa Kamal.

Selain sawah, rumah warga juga tidak luput dari luapan air, menurut Kabag Humas Aceh Tengah, dari keterangan yang dia dapatkan dari Muslim, setidaknya data sementara terdapat 55 rumah penduduk terendam di Kecamatan Bies.”Ketinggian air yang masuk ke rumah warga berkisar 80 cm hingga 150 cm,” sebutnya.

Rumah warga yang terkena luapan air tersebut, kata Muslim, terdapat di Kampung Karang Bayur, Atang Jungket, dan Simpang Lukup Badak.(emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *