Sail Sabang Even Terbesar Sail Wisata Indonesia

Even wisata bahari, Sail Sabang 2017 merupakan yang terbesar dalam sejarah sail pernah digelar di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang datang memeriahkan Sail Sabang.

Menteri Pariwisata juga mennegaskan bahwa Sail Sabang 2017 ini merupakan Sail Nasional ke-9 dan ini merupakan sail terbesar yang digelar di Indonesia. “Jika dibandingkan delapan sail lainnya yang sudah pernah digelar di Indoensia, sangat berbeda dengan Sail Sabang 2017. Pada Sail Sabang, ada 46 acara rangakaian acara dan angka tersebut merupakan terbanyak,” jelas Menpar Arief Yahya.

Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Gubernur Aceh Nova Ariansyah menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh stackholder yang sudah ikut menyukseskan sail sabang 2017.

Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT., menyebutkan penyelenggaraan Sail di Sabang sebagai bentuk promosi budaya dan wisata Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Tentu harus juga disertai dengan bertumbuhnya perekonomian dan pariwisata di Sabang,” kata Nova saat pembukaan Wonderfull Sabang and Marine Expo 2017 di Terminal CT-3 Sabang, Jumat 01/12/2017, sehari sebelum diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kegiatan kepariwisataan di Sabang, ujar Nova, harus disertai pula dengan peningkatan kualitas masyarakat. Selain itu, Sail Sabang juga harus dimanfaatkan untuk pengembangan rute kapal layar di Indonesia sekaligus mempersiapkan Aceh sebagai salah satu daerah tujuan wisata dunia.

Kegiatan Wonderfull Sabang and Marine Expo 2017, menjadi ajang mempromosikan dan publikasi tentang potensi wisata dan produk unggulan dan juga peluang inventasi di Aceh.

“Kegiatan ini juga untuk merjalin hubungan perdagangan, investasi, kebudayaan dan perekonomian antara investor dan Pemerintah Aceh,” ujar Wagub Nova.

Untuk diketahui bahwa ada 198 stand pameran yang mengisi pentas Wonderfull Sabang and Marine Expo 2017. Meski diguyur hujan dalam sepekan ini, area pameran yang didesain berbentuk cluster itu terlihat ramai didatangi pengunjung.

Dibuka Resmi Oleh Wapres Jusuf Kalla
Sail Sabang 2017 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam sambutannya Jusuf Kalla mengingatkan kini pelabuhan Sabang tidak lagi menjadi pelabuhan singgah bagi kapal-kapal yang berkayar untuk memasok air bersih dan logistik saat melayari samudera hindia. “Ini terjadi karena kemajuan teknologi yang canggih, sehingga kapal-kapal sudah bisa menghasilkan air bersih sendiri dan bisa menyimpan makanan dalam jumlah banyak selama waktu pelayaran, maka fungsi pelabuhan harus diganti menjadi pelabuhan singgahan bagi kapal-kapal wisata, sehingga bisa memberi income bagi daerah,” ujar Jusuf Kalla saat meresmikan perhelatan Sail Sabang, Sabtu (2/12/2017).

Saat ini, sebut Wapres, pelabuhan harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga tetap menjadi destinasi bagi kapal-kapal yang melintas, salah satunya destinasi wisata.

Dalam kegiatan yang sama, Jusuf Kalla juga meresmikan dan menandatangani penerbitan perangko seri Sail Sabang

Meski diguyur hujan lebat, acara peresmian Sail Sabang 2017 berlangsung meriah. Rombongan Wakil presiden Jusuf Kalla juga disuguhi penampilan tarian kolosal kisah perjuangan Pejuang laut wanita asal Aceh, Laksamana Malahayati. Usai menyaksikan tarian kolosal, rombongan wapres juga melakukan melakukan kunjungan ke KRI Bima Suci.

Sabang Surga Wisata Bahari
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mengatakan pemerintah Aceh berharap mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat dalam menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata dunia.

Sebagai surge wisata bahari, even sail sabang juga diharap sebagai media untuk mempromosikan Sabang ke dunia internasional. Diantaranya dengan even yacht rally yang digelar pada even Sail Sabang.

Pada kegiatan Yacht Rally para yachter dikenalkan dengan beberapa spot wisata bahari yang mempesona, diantaranya Lhok Weng Marina Port.

Pada event ini, sedikitnya ada 18 kapal yacht yang mengikuti Rally Yacht yakni, SY.Chantilly, Silver Tern, Slamat, Enchantment, Fini Spiris, Of Plymouth, Persian Sand, La Passarola, Mega Adventure, Aphrodite, Captain Jack, Emmalina, wishful Thinking, Gemini Lady, Rock And Roll Star, Sayang dan Sulyna.

Para yachter didaulat sebagai duta wisata bahari Sabang untuk dunia.Event Rally Yacht dalam rangka Sail Sabang 2017, merupakan ajang promosi yang paling efektif dalam rangka memajukan wisata Indonesia dan Sabang khususnya. Dimana kehadiran para yachter ini dapat menjadi duta wisata bagi kalangan komunitas yacht dunia. (adv/*)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com