Rumah Warga Lamteumen Timur Hangus Terbakar

AcehNews.net|BANDA ACEH – Satu unit rumah permanen di Jalan H. Abu Bakar, Lr. Keluarga, Dusun Cempaka, Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Rabu (12/10/2016), sekira pukul 10.30 WIB, hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Rumah milik Nuzulanda (34), Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pendidikan Aceh ludes terbakar. Saat kejadian naas itu, Nuzulanda tidak berada di rumah miliknya, yang ada hanya istrinya bernama Rahmadian (33), guru di MAS Pesantren Hidayatullah dan anaknya bernama Nadia (5).

Foto: Nurahman

Foto: Nurahman

Salah seorang tim gerak cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Yudi kepada AcehNews.net, di Banda Aceh mengatakan, informasi itu diterima pihaknya dari warga setempat. Sekitar pukul 10.35 WIB, lima armada pemadam kebakaran milik Pemko Banda Aceh bergerak ke tempat kejadian dan sekitar pukul 11.45 WIB, api dapat dipadamkan.

“Rumah terbakar dan rusak berat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Menurut keterangan pemilik rumah, api berasal dari kamar tidur,” demikian papar Yudi.

Penyebab kepastian terbakarnya satu unit rumah permanen milik Nuzulanda sedang dalam penyelidikan pihak Polsek Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Nuzulanda bersama keluarganya kini mnenetap sementara di rumah sanak keluarganya. (nurahman)

Tips menghadapi kebakaran di rumah:

  1. Tetap tenang saat menghadapi kebakaran.
  2. Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau dengan karung goni yang dibasahi air.
  3. Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik segera matikan listrik di rumah atau gedung.
  4. Tutup ruangan yang terjadi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.
  5. Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah.
  6. Berjalanlah dengan tenang, jangan lari, perhatian penuh dan tidak panik.
  7. Jika menemukan asap tebal dijalan atau suatu ruangan, hindari jangan sampai menghirup asap, misalnya dengan cara merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai, gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu untuk bernafas.
  8. Jika anda melalui pintu yang tertutup, periksalah dengan seksama suhu daun pintu dengan menempelkan belakang telapak tangan Anda. Kemudian periksa handle pintu. Jika panas pindah melaui jalur lain.
  9. Jika perlu lakukan latihan evakuasi jika terjadi kebaran agar upaya penyelamatan dapat berjalan lebih cepat.
  10. Segera hubungi pemadam kebaran 0651-113 jika api tidak dapat anda kendalikan sendiri. (citragardencity.com)
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com