Puluhan Guru Aceh Timur Ikut Pelatihan TIK  

IDI|AcehNews.Net – Sebanyak 72 orang guru jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur mengikuti pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) khusus  pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini berlangsung dari 4 hingga 7 Juni 2015 di SMPN 1 Idi Rayeuk  yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur yang diwakili Kabid Dikmen, Saiful

Saiful Basri, kepada wartawan mengatakan, pihaknya berkomitmen meningkatkan mutu guru, terutama bidang TIK  bagi pendidik dan tenaga kependidikan di daerah itu. Menurutnya di era globalisasi ini, Teknologi Informasi Komunikasi sangat penting. Meskipun dalam kurikulum 2013 tidak ada lagi mata pelajaran TIK, namun setiap mata pelajaran di sekolah tetap berbasis TIK.

Apalagi, lanjutnya, mulai 2015, Pemerintah telah menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA menggunakan sistem Computer Base Test (CBT). Karena itu, dia, insan pendidikan di Aceh Timur harus mampu menguasai ilmu teknologi kependidikan, tentunya dengan adanya pelatihan TIK yang diprakarsai oleh UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, dapat diimbaskan di sekolahnya masing-masing.

Salah seorang panitia pelatihan TIK dari UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Mukhlis Sulaiman menjelaskan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah paradigma pembelajaran.

Katanya, kini terbentuk mekanisme belajar dari berbagai sumber dengan materi perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir yang disajikan dalam multimedia. Karena itu, UPTD Balai Tekkomdik Aceh bermaksud melaksanakan pelatihan TIK pendidikan untuk pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SD, SMP dan SMA sederajad. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *