PMI Gelar Sosialisasi dan DORAS di SMA Negeri 11  

AcehNews.net|BANDA ACEH – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengelar sosialisasi dan Donor Darah Sukarela (Doras) di SMA Negeri 11 Banda Aceh, Senin kemarin (25/01/2016). Kegiatan\ ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa di sekolah tentang manfaat donor darah serta membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Pada kegiatan donor berhasil mengumpulkan darah sebanyak 76 kantong.

Sosialisasi mengambil tema “Gerakana donor darah, setetes darah sejuta harapan.” Dalam sosialisasi Doras dihadiri oleh empat pemateri di antaranya kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Banda Aceh, dr. Ilham Surya Akbar, M. Biomed yang menjelaskan tentang manfaat donor darah bisa mengurangi penyakit jantung, Memperbaharui sel darah baru, bisa mengecek secara dini penyakit HIV, Sipilis, sertah Hepatitis B dan C. Syarat pendonor darah usia dini harus 17 tahun, berat badan 45 kg, hemoglobin 12,5% serta tekanan darah 100mmhg.

Kegiatan donor darah juga menghadirkan Nurjanah Husain dari Komunitas Darah Untuk Aceh (DUA) yang menjelaskan tentang bahayanya Thalasemia Carier menikah dengan pengidap thalasemia. Dalam sosialisasi juga Ketua Resus Negatif Aceh ikut memberikan pengetahuan tentang resus dr. Natalina Christanto menyampaikan resus negatif di Aceh sebanyak 164 orang sedangkan orang Banda Aceh sendiri yang sudah mengetahui resus Negatif dan telah terdata sebanyak 22 orang.

Didi Agustinus dalam hal ini Forum Komunikasi Relawan Darah (Fokuswanda) yang pada hari ini juga berkesempatan untuk mendonorkan darah yang ke 147 kali mendonorkan darah sudah di lakukan sejak tahun 1981 semasa usia 17 tahun. Beliau mengajak dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi donor darah sejak dini.

Kegiatan sosialisasi dan Doras akan dilaksanakan di Mushala Sekolah SMA Negeri 11 Banda Aceh, kepala sekolah Muhibbul Khibri, S.Pd, M.Pd sangat mendukung kegiatan kemanusian ini.

“Kami merespon positif kegiatan ini, kegiatan donor darah adalah periotas kami tiap tahun dan kerjasama dengan PMI perlu ditingkatkan serta mengajak siswa untuk beramal serta niat membantu saudara kita yang membutuhkan darah,”demikian katanya. (maskur)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com