Pergantian Tahun Baru Islam Berlangsung Meriah

BANDA ACEH – Ribuan warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar berjejer disepanjang jalan-jalan utama yang dilewati dan dilintasi peserta dan kendaraan pawai karnaval yang di Banda Aceh Sabtu (25/10), dalam rangka menyambut dan memeriahkan pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 H.

Peserta pawai karnaval terdiri dari murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Dayah dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Dari amatan AcehNews.net,  peserta karnaval dilepas pada pukul 08.00 WIB yang dibagi  dibagi dalam dua rute berbeda. Para peserta tingkat Paud dan Taman Kanak-kanak menempuh rute lebih pendek, yakni start dari Blang Padang  dan finish di Rumoh Aceh. Sedangkan para peserta karnaval tingkat SD, SMP dan SMA (sederajat) berakhir di depan Mesjid Raya Baiturrahman.

Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, peringatan pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriyah tahun ini lebih meriah dari perayaan tahun sebelumnya. Illiza melihat perayaan 1 Muharram lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilihat dengan banyaknya peserta karnaval, mulai dari anak PAUD hingga SMA sederajat, serta antusias masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan pawai karnaval.

“Saya meminta tahun baru Islam tidak hanya diperingatai sebagai acara seremonial belaka, tapi dapat menjadikan momentum tahun baru Islam ini untuk berhijjrah ke arah yang lebih baik dan dapat mengimplementasikan ajaran-ajaran Islam itu sendiri ke dalam kehidupan bermasyarakat,” tutur Illiza.

Dia juga berharap berharap warganya benar-benar memahami bahwa 1 Muharram adalah tahun baru yang harus dirayakan oleh umat Islam dan bukan merayakan  tahun baru 1 Masehi.

Sementara itu, Ketua P3HBI, Ilyas Nyak Tuy mengatakan, para peserta pawai karnaval dari setiap kategori akan dinilai dan diberikan kontribusi konsumsi dan partisipasi sebesar Rp400 ribu per kelompok peserta.

Kepada pemenang juara pertama pawai karnaval Tahun Baru Islam kali ini akan diberikan hadiah uang tunai sebesar Rp4 juta ditambah dengan piala. Sedangkan juara kedua dan ketiga masing-masing akan diberikan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta dan Rp2,5 juta.

Disamping acara pawai karnaval, Pemerintah Aceh juga akan mengadakan ceramah agama Tahun Baru Islam di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang akan disampaikan oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa,  H. Zulkarnain Abdullah,  pada jam 20.00 WIB. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com