Perayaan Natal di Banda Aceh Berjalan Kondusif

AcehNews.net|BANDA ACEH – Aceh yang notabanenya merupakan daerah Syariat Islam dengan penduduknya mayoritas umat muslim, perayaan Natal di beberapa gereja di wilayah ujung pulau Sumatera ini berjalan sangat kondusif.

“Kita ingin memberikan kenyamanan kepada setiap umat krisriani di daerah ini, dalam menjalankan ibadah, mengawal setiap gereja-gereja diseluruh Aceh. Pun  menjaga keamanan kendaraan para jemaat yang sedang melaksanakan ibadah Misa Natal,”papar Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Tatang Suliman kepada AcehNews.net di Banda Aceh saat ikut sertga meninjau langsung gereja-gereja yang ada di Banda Aceh, Sabtu malam (24/12/2016).

Selain Panglima turut serta Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak, Plt Gubernur Aceh Soedarmo, Kabinda Aceh,  Brigjen TNI Ruruh, Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Bambang Soetjahyo, Kemenag Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh,  dan Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Tempat ibadah umat kristiani yang dikunjungi diantaranya adalah  Gereja Hati Kudus GPIB, Gereja Metodhis, dan Gereja Hurian Kristen Batak Protestan (HKBP).

Mayjen TNI Tatang Sulaiman menegskan, TNI dalam hal ini Kodam Iskandar Muda mendukung penuh Polda Aceh dalam pelaksanaan pengamanan Natal hingga perayaan pergantian tahun.

“Kita ciptakan kondisi yang harmonis, aman, tentram, nyaman, dan damai di Aceh ini dengan menjaga perbedaan dalam wadah ke-bhinekatunggal-ika-an,” ujarnya.

Amatan AcehNews.net pada malam Misa Natal, situasi pengamanan malam natal tahun ini sangat kondusif, hal ini tak lepas dari peran serta aparat keamanan baik Polri, TNI, dan pihak terkait lainnya yang melakukan pengamanan di rumah ibadah.

Dalam mengamankan rumah ibadah umat kritiani jelang perayaan Natal di Aceh, satu regu personil Brimob Polda Aceh dan personil Kodim 0101/BS, melakukan sterilisasi di tiap-tiap tempat ibadah umat kristiani.

Mereka memeriksa seluruh kursi, meja dan podium yang ada di dalam gereja di periksa dengan teliti, bahkan pekarangan, jalan dan pagar sekeliling gereja.

Kapolda Aceh menyebutkan, sudah siagakan 4.800 personil  dibantu 900 personel dari Kodam Iskandar Muda untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Provinsi Aceh. Kapolda meminta kepada masyarakat, jika mendapati hal-hal yang menonjol dan gangguan agar segera melapor ke pihak keamanan terdekat, baik Kepolisian maupun kepada aparat TNI.

“Kita akan selalu monitor perkembangan situasi agar berjalan kondusif,” kata , Irjen Pol Rio Septianda Djambak.

Sementara itu, Pangdam IM Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan, Kodam IM dalam hal ini Babinsa Kodim 0101/BS berkerja sama dengan Polda Aceh ikut mengamankan perayaan Natal di Banda Aceh.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Soedarmo memberikan  mengapresiasi kepada aparat Polri dan TNI yang sudah melaksanakan pengamanan cukup baik kepada umat kristiani di Aceh yang sedang merayakan Natal dan maupun Tahun Baru.

“Untuk itu, Ia mengharapkan perayaan Natal se-Provinsi Aceh bisa berlangsung secara aman tanpa ada gangguan-gangguan dari kelompok-kelompok yang ingin menganggu perayaan ibadah umat kristiani,” demikian pungkasnya. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com