Pemeriksaan Kesehatan Gratis TNI AU Layani ‎2.786 Pasien

BANDA ACEH | AcehNews.net – Sebanyak 2.786 masyarakat ditangani kesehatannya, pada bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar TNI AU selama 2 hari (27 hingga 28 November 2017) di Politeknik Venezuela, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar.

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Suliono melalui Kasi Pentak, Kapten Sus Dhanu Wijaya Kusuma, Selasa kemarin (28/11/2017) usai penutupan kegiatan baksos yang dilaksanakan dalam rangka mendukung dan menyemarakkan Sail Sabang 2017 tersebut.

‎”Ini melebihi target yang ditetapkan sebelumnya, sebenarnya bisa lebih banyak lagi, tetapi banyak yang datang terlambat, sementara alat-alat kesehatan yang disediakan sudah dikemas dan akan dibawa pulang kembali ke pusat,” ujarnya saat ditemui di Banda Aceh.

Kapten Sus Dhanu Wijaya Kusuma menjelaskan, pada hari pertama dibukanya kegiatan ini, masyarakat yang berobat dan memeriksa kesehatannya di poli‎ umum berjumlah 411 orang. Sementara di poli gigi, ada 36 pasien yang mencabut gigi dan 84 pasien yang melakukan scalling.

“Selain itu, ada 13 orang pasien yang melakukan bedah kecil (minor). Di poli mata ada delapan pasien yang dioperasi katarak‎, sangat sedikit karena banyak yang takut dioperasi, ada 659 pasien memperoleh kacamata dan hanya 91 orang yang memeriksa, serta 40 orang mendonor darah, Total, berjumlah 1.373 pasien,” paparnya.

Sementara hari kedua, Kapten Sus Dhanu Wijaya Kusuma menyebutkan, sebanyak 483 pasien memeriksakan kesehatannya di Poli Umum, 12 orang mencabut gigi, 10 orang menambal gigi, dan 54 orang melakukan scalling. Selain itu, ada 14 orang yang melakukan bedah kecil, delapan orang yang mengikuti operasi katarak, dan 672 orang yang mendapatkan kacamata.

“Untuk yang hanya memeriksa mata ada 160 orang, jumlah pasien hari ini 1.413 orang dengan total pasien yang kita terima selama dua hari yakni 2.786 pasien. ‎Kita berharap dapat melakukan baksos seperti ini lagi kedepan,” tambah Dhanu. (haz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com