Pawai Obor di Takengon Berlangsung Meriah

AcehNews.net|TAKENGON- Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun di Kabupaten Aceh Tengah ditandai dengan upacara Taptu dan Pawai Obor yang berlangsung meriah pada Selasa malam, (16/08/2016), berpusat di Pendopo Bupati setempat.

Pawai ditandai dengan penyalaan obor secara simbolis oleh Inspektur Upacara Bupati Nasaruddin dan pelepasan para peserta pawai yang diiringi oleh pasukan berkeliling sembari membawa obor sebagai simbol kemerdekaan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan melibatkan jajaran TNI, POLRI, Satpol PP, Organisasi Pemuda, Pramuka dan siswa-siswi SLTA sederajat. Jajaran Pimpinan daerah tampak hadir Ketua DPRK, Dandim 0106, dan Kapolres Aceh Tengah,

Menurut Sekretaris Panitia HUT Ke-71 RI Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal bahwa kegiatan ini meruapakan tradisi yang sudah menjadi agenda tetap Pemerintah Daerah dalam memperingati HUT RI setiap tahunnya sebagai upaya menghayati nilai-nilai perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Dalam Upacara Taptu dan pawai obor ini diharapkan timbul penghayatan terhadap nilai-nilai sejarah para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Mustafa.

Taptu dan Pawai obor adalah rangkaian awal kegiatan memperingati detik-detik Proklamasi. Setelah peringatan ini, pukul 00.00 WIB, Rabu (17/08/2016) dilakukan renungan suci di Taman Makam Pahlawan.

Paginya, Mustafa mengatakan, Bupati Nasaruddin akan bertindak sebagai Inspektur Upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI yang berlangsung di lapangan Setdakab Aceh Tengah.(yus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com