pertama di Aceh dan Indonesia,
MTQ Keluarga Aceh Tengah Masuki Putaran Final  

AcehNews.net|BANDA ACEH – Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Keluarga yang digagas Pemkab Aceh Tengah mulai memasuki putaran final atau gelaran tingkat Kabupaten

Pembukaan acara final dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM, Dandm 0106 Aceh Tengah, Letkol Arm. Ferry Ismail, Wakapolres, perwakilan Kajari Takengon, serta Kepala UPT LPTQ Aceh, Ridwan Johan yang mewakili Kadis Syari’at Islam Aceh.

Turut memenuhi undangan Kepala Dinas Syari’at Islam Gayo Lues dan Kepala Dinas Syari’at Islam Kota Lhokseumawe. Selain itu tampak juga acara diikuti oleh Kepala SKPK Aceh Tengah serta segenap pelajar sebagai penonton.

Mengawali acara pembukaan Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh Tengah, Alam Syuhada menyampaikan laporan penyelenggaraan MTQ Keluarga dan keikutsertaan dari seluruh kecamatan.

“Setelah melalui seleksi di kecamatan selama kurun waktu bulan Agustus hingga September, ini saatnya 14 keluarga perwakilan kecamatan mengikuti putaran final,” kata Alam, Ahad (11/10/2015). Kegiatan MTQ keluarga tingkat Kabupaten tersebut direncanakan berlangsung selama 2 hari.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh panitia hingga MTQ memasuki putaran final, terlebih pihak LPTQ Aceh Tengah yang telah berupaya menyusun ketentuan yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan MTQ Keluarga.

Menanggapi kebijakan MTQ keluarga yang dilaksanakan pihaknya, Nasaruddin mengatakan, hal tersebut sebagai salah satu upaya mewujudkan masyarakat Qur’ani yang selalu dekat dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, keluarga yang seluruh anggotanya dapat membaca Al- Qur’an saat ini tergolong jarang, namun bila satu atau dua anggota keluarga yang mahir membaca itu sudah lumrah, sehingga dengan kegiatan MTQ keluarga semakin memotivasi seluruh masyarakat untuk belajar dan mempelajari Al-Qur’an.

“Melalui MTQ Keluarga diharapkan setiap keluarga menjadi tempat belajar dan wadah mengamalkan serta mendakwahkan Al-Qur’an,” ujar Nasaruddin.

Bagi keluarga terbaik tahun ini, Pemkab Aceh Tengah menyediakan paket umrah satu keluarga. Kedepan, Pemkab setempat akan terus berupa untuk memantapkan penyelenggaraan MTQ Keluarga, termasuk meningkatkan lebih banyak partisipasi masyarakat maupun apresiasi yang diberikan bagi keluarga-keluarga yang dinilai terbaik dalam membaca Al-Qur’an.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com