Minyak Zaitun Bermafaat Menurunkan Tekanan Darah

JAKARTA – Mengapa pola makan atau diet Mediterania baik, bisa jadi rahasianya ada pada saladnya. Mengapa? Karena ini menggunakan minyak zaitun yang bisa menurunkan tekanan darah.

Keberadaan minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh dan sayuran hijau dalam salad menciptakan jenis asam lemak tertentu yaitu Asam lemak Nitro yang dapat menurunkan tekanan darah.

Selain minyak zaitun, kacang-kacangan dan juga alpukat juga memiliki fungsi yang sama.

Asam ini muncul untuk menghambat produksi enzim pelarut hidrolase epoksida yang mengatur tekanan darah. Demikian laporan penelitian dalam Prosiding National Academy of Sciences, sebuah jurnal AS peer-review.

Temuan setelah peneliti melakukan percobaan pada tikus laboratorium. Penelitian sendiri mendapat dana dari British Heart Foundation.

“Temuan membantu menjelaskan mengapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa diet Mediterania ditambah dengan minyak zaitun extra-virgin atau kacang-kacangan dapat mengurangi timbulnya masalah kardiovaskular seperti stroke, gagal jantung dan serangan jantung,” kata Philip Eaton, profesor biokimia kardiovaskular di King College London.

Seperti melansir nydaily, Rabu (21/5/2014) sebagian besar ahli setuju bahwa diet Mediterania, yang terdiri dari banyak sayuran, ikan, biji-bijian, anggur merah, kacang-kacangan dan minyak membawa manfaat kesehatan.

Namun sebuah studi pekan lalu menemukan bahwa antioksidan utama dalam anggur merah, resveratrol, tidak membantu orang-orang di Italia hidup lebih lama atau terhindar dari kanker atau penyakit jantung. (inilahcom)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com