Mi Instan Maggi Terbukti Mengandung Logam Berat

JAKARTA – Jika dulu mi instan Maggi yang diproduksi Nestle terkenal dan menjadi makanan favorit semua kalangan, namun kini keadaan berbalik. Pasalnya, sebuah tes uji makanan yang dilakukan sebuah supermarket di India mengungkapkan hal mengejutkan.
Bagaimana tidak, makanan yang digemari semua umur ini ternyata mengandung logam berat yang melebihi kadar normal. Dari hasil uji makanan tersebut, diketahui bahwa kadar logam dalam bumbu mie tersebut tujuh kali lebih banyak dari batas yang diizinkan.

Uji labolatorium juga menunjukkan, jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kematian. Informasi tersebut sudah mengguncang masyarakat India karena berada di halaman depan sebuah suratkabar India. Demikian seperti dikutip dariBloomberg, Jumat (5/6/2015).

Tidak hanya mengguncang kepercayaan masyarakat, kabar tersebut juga sudah mengguncang nilai saham Nestle. Saham Nestle turun 4,9 persen pada 09.54 di Mumbai, penurunan tersebut merupakan yang terendah setelah sembilan tahun.

Kini Nestle mengalami krisis yang besar di India, setidaknya dimulai dari saham yang jatuh dan penarikan barang di sejumlah toko dan mini market. Seperti yang dilakukan Walt Mart, salah satu kantin tentara yang menjual kebutuhan tentara telah menarik mi instan Maggi untuk sementara.

“Ini peristiwa yang bisa membuat suatu merek berhenti untuk sementara, bukan hanya merek tapi perusahaan dan budaya etos akan diuji,” ungkap Profesor pemasaran di Indian Institute Piyush Sinha.

Sulit dipercaya, penelitian di labolatorium Delhi menunjukkan, bumbu Mie Maggi mengandung bahan logam hingga 3,5 ppm. Padahal yang diizinkan hanya 2,5 ppm. (okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *