Meski LPG 12 Kg Turun, Permintaan 3 Kg Masih Tinggi di Banda Aceh  

BANDA ACEH – Jika LPG tabung 12 Kg dan 50 Kg mengalami penurunan sebesar Rp5 ribu hingga Rp7 ribu di agen gas di Banda Aceh, justru gas subsidi LPG 3 Kg tidak mengalami penurunan harga. Di pangkalan harga gas LPG 3 Kg tetap sama yaitu Rp16 ribu/tabung dan permintannya malah masih tinggi.

“Harga gas LPG tabung 3 Kg itu masih tetap sama dari sebelumnya, Rp16 ribu per tabung. Tidak mengalami penurunan harga,” kata pemilik pangkalan LPG tabung 3 Kg Putri Aneuk Megah, Salman di Jeulingke, Banda Aceh, Kamis (22/1/2015).

Terkait kabar bahwa LPG tabung 3 Kg langka di Banda Aceh, Salman mengatakan, hal tersebut sebenarnya tergantung pada pangkalan. Karena menurut dia, setiap pangkalan masuknya dari agen dan memang sudah terjadwal kapan masuk.

Adapun penyebab kelangkaan LPG 3 Kg di Aceh menurut Salman lantaran disebabkan antrian panjang di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Indrapuri, Aceh Besar. Sehingga pendistribusian dari agen ke pangkalan begitu sampai sudah habis.

Katanya lagi, gas yang terjual di tokonya mencapai 50 tabung per hari. Dan pembeli harus memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk mencukupi stok tabung yang tersedia, dan pembeli tidak boleh membelinya lebih dari satu.

“Di pangkalan kami, sekali masuk hanya 100 tabung dan itu pun dua hari sudah habis. Di karenakan tabung yang masuk tidak setiap hari,”ujarnya agar kelangkaan tidak terjadi.

Salman juga menjelaskan, setiap pangkalan gas di Banda Aceh kini sudah dibagi wilayah pembeliannya masing-masing. Pangkalannya  terbagi atas tiga wilayah, Jeulingke, Tibang, dan Alu Naga.

Hal yang sama diutarakan Iskandar, pemilik pangkalan LPG tabung 3 Kg di Darusslam ini mengatakan, sebenarnya gas tabung 3 Kg di Band Aceh tidak mengalami kelangkaan karena telah dibagi wilayah pembelian masing-masing di setiap daerah.

“Kalau seandainya tidak dibagi, bisa jadi gas tabung 3 Kg mengalami  kelangkaan dan menyusahkan masyarakat,” ujarnya pada Acehnews.net, Kamis (22/1/2015).

Sementara itu, menurut keterangan Andri Qadafi (33) kepada AcehNews.net, pemilik pangkalan LPG 3 Kg di Gampong Jawa, sejak harga LPG tabung 12 Kg naik beberapa bulan lalu pada 2014,  banyak ibu rumah tangga yang beralih ke gas 3 Kg.

“Antisipasinya biar distribusinya merata yang belum habis stok tidak saya kasih dulu dan yang bawa dua tabung saya kasih satu tabung dulu. Jika tidak begini tidak merata nanti,” ujar Andri yang sehari mendapat jatah 30 tabung gas 3 Kg dari agen dan sekarang dia mengakui permintaan LPG tabung 3 Kg di tempatnya mencapai 70 tabung/hari. Konsumennya kebanyakan dari ibu rumah tangga dan pelaku usaha rumah tangga.

“Ya saya berharap ada tambahan karena permintaan LPG tabung 3 Kg masih tinggi di tempat saya meski LPG tabung 12 Kg sudah turun harga,” ujar Andri.

Andri mengatakan, di pangkalan tidak ada penurunan harga LPG 3 Kg, gas subsidi ini masih tetap sama yaitu Rp16 ribu/tabung meski di pengecer di jual Rp20 ribu hingga Rp23 ribu/tabung. (zuhri Noviandi/saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com