Meningkatkan Data Pendidikan di Aceh, Pelatihan Penyusunan Profil Pun Digelar

AcehNews.net|TAKENGON – Profil pendidikan kabupaten dan kota,  merupakan keniscayaan sebagai landasan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi upaya peningkatan pembangunan pendidikan di Provinsi Aceh.

Inilah yang mendasari Dinas Pendidikan Aceh untuk menggelar Pelatihan Untuk Menyusun Profil Kabupaten dan Kota Tahun 2016 di Provinsi Aceh, Kamis malam (14/07/2016) di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Pelatihan dibuka oleh Kadis Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo.

Menurut panitia, Rahadian, kegiatan pelatihan merupakan wujud komitmen Dinas Pendidikan Aceh dan Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Aceh untuk meningkatkan data pendidikan provinsi paling ujung di Pulau Sumatera ini.

“Melalui data dan informasi pendidikan yang akurat diharapkan menjadi alat untuk menghadapi kendala dan tantangan pendidikan khususnya di Aceh,” ujar Rahadian.

Ditambahkan Rahadian, pelatihan juga ditujukan untuk menegaskan komitmen meningkatkan kapasitas operator data pendidikan sekaligus upaya peningkatan kualitas pendataan.

Pelatihan berlangsung 14 hingga 17 Juli 2016 dan diikuti oleh 71 peserta yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Aceh, unsur pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota, selanjutnya unsur Kantor Wilayah Aceh dan Kantor Kemenag Kabupaten dan Kota se-Aceh.

Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, ketika memberi sambutan menyederhanakan penyusunan profil pendidikan sebagai upaya untuk mengkaji citra, rasa dan bentuk pendidikan yang harus disajikan.

“Dunia pendidikan berkembang sangat dinamis, sehingga penting bagaimana pendidikan ini dicitrakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijakan,” ujar Khairul.

Menurut Khairul tantangan dunia pendidikan yang berkembang harus diantisipasi dengan motivasi yang solid dari seluruh pemangku pendidikan untuk merumuskan strategi pemecahan masalah sekaligus untuk memajukan dunia pendidikan di Aceh.

“Berbagai pelatihan dan upaya yang dilakukan oleh komponen pendidikan diharapkan menjadi cikal bakal pendidikan Aceh yang lebih baik dimasa depan,” demikian harap Khairul Asmara.(Emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com