Mengenal Emosi Lewat Cara Mengetik

Sebuah program komputer terbaru dapat mengenali emosi seseorang berdasarkan cara memeka mengetik, membuka jalan bagi komputer menjadi lebih pintar dari manusia suatu hari nanti. Konsep ini dinamakan “singularitas” seperti yang dilansir foxnews.com.

Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti melakukan uji coba dengan menggunakan sekelompok orang sebagai sampel untuk mengetik sebuah kalimat, lalu menganalisanya apakah apakah mereka dapat mengidentifikasi ketujuh emosi yang berbeda; bahagia, takut, marah, sedih, jijik, malu, dan bersalah.

“Jika kita bisa membangun sisitem yang cukup cerdas untuk berinteraksi dengan manusia yang melibatkan emosi, menggunakan mesin bisa lebih efektif dan ramah,” jelas para peneliti dari Islamic University of Technology di Bangladesh.

Program komputer ini dapat diterapkan dalam sistem belajar online. Dengan begitu pengajar dapat mengubah tampilan, gaya mengajar, dan isi materi yang sesuai dengan dengan keadaan emosi muridnya.

Para peneliti menggunakan software khusus yang dapat merekan setiap tekanan yang dihasilkan pada kerboard oleh penggunanya. Mereka kemuadian mengambil 19 atribut kombinasi tombol dari data yang dikumpulkan. Beberapa atributnya adalah kecepatan mengetik dalam interval lima detik dan waktu yang diperlukan untuk menekan dam melepaskan tombol saat mengetik. (dreamersradio.com)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com