Menatap Panorama dari Benteng Inong Balee Aceh Besar  

Benteng inong Balee begitu namanya dikenal. Objek wisata benteng ini sudah banyak roboh hingga menyisakan reruntuhan batu. Meski demikian, dari atas benteng ini pemandangan yang indah disuguhkan dengan baik dan luar biasa indah apalagi jika hari sedang cerah.

Benteng  ini terletak di Ujung Timur Teluk Krueng Raya. Benteng ini erat kaitannya dengan laksamana laut wanita pertama Kesultanan Aceh yang berjasa besar dalam mengawal diplomasi internasional antara Aceh dengan negara-negara Eropa yaitu Keumala Hayati atau dikenal dengan Malahayati sehigga benteng ini disebut juga benteng Malahayati.

Benteng tersebut berbentuk persegi panjang, batas temboknya sudah dipenuhi semak belukar baik di kiri maupun di kanan sedangkan sebelumnya terdapat ladang masyarakat, untuk sampai ke benteng ini harus melewati jalan yang rusak parah lebih pas disebut jalan setapak.

Meski demikian, setelah melalui jalan yang rusak parah tersebut, letih kita akan terbalas begitu sampai ke atasnya. Karena ketika sampai di benteng ini apalagi turun ke bawahnya, pemandangannya yang manakjubkan telah menghilangkan semuanya itu.

Di benteng yang dindingnya terbuat dari batu alam berspesi kapur, dan terdapat empat lubang pengintai yang langsung menghadap ke laut, pemandangan dari lubang pengintai ini luar biasa indah, di sana bisa melihat laut lepas dengan karang hitam dan perahu-perahu nelayan.

Menurut informasi yang ada di tugu sebelum benteng, benteng ini merupakan benteng pertahanan sekaligus sebagai asrama penampungan janda-janda yang suaminya gugur dalam pertempuran. Ohya, inong balee dalam bahasa Indonesia artinya janda. Melihat sejarahnya maka benteng ini diberi nama Benteng Inong Balee.

Selain dijadikan sebagai tempat penampungan, benteng yang bangun pada masa Sultan Alaiddin Ali Riayat Syah IV Saidil Mukammil (1589-1604 M), di sini dulunya juga digunakan sebagai sarana pelatihan militer dan penempatan logistik keperluan perang. (nita juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com