Menatap Aceh dari Tiga Objek Wisata Berbeda  

Aceh memiliki objek wisata yang komplit. Mulai dari wisata tsunami, sejarah, religi, alam, pergunungan, dan bahari yang hampir bisa dinikmati di 23 kabupaten/kota di Aceh. AcehNews.net merekomendasikannya untuk Anda ber-weekend bersama keluarga ditiga objek wisata yang terdapat di Aceh Besar dan Aceh Jaya. Mulai dari Pantai Lampuuk, Bendungan Beurayeun, dan Gunung Geureute.

Berikut adalah tiga rekomendasi objek wisata yang sayang dilewati di akhir pekan bersama keluarga. Yaitu:

Keindahan Pantai Lampuuk di Babah 4|Saniah LS

Keindahan Pantai Lampuuk di Babah 4|Saniah LS

1. Pantai Lampuuk.

Bagi warga Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan sekitarnya, objek wisata yang satu ini memang terbilang sudah tak asing lagi ditelinga. Disuguhi dengan bibir bantai yang elok dengan hamparan pasir putih serta pohon pinusnya yang rindang, membuat  pantai ini layak dann patut dijadikan tempat melepas kepenatan di akhir pekan.

Pantai Lampuuk terletak kurang lebih 15 kilometer dari kota Banda Aceh yang dapat di  tempuh dalam waktu sekira 30 menit dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

Di pantai idola bagi keluarga ini, terdapat empat pintu masuk menuju pantai, yaitu Babah 1, Babah 2, Babah 3, dan Babah 4, masing-masing dinamai berurutan dari arah selatan sampai ke utara. Biasanya pengunjung dari Banda Aceh dan sekitarnya berkunjung ke Babah 1 sampai 3, sedangkan wisatawan asing umumnya sering berkunjung ke Babah 4.

Bukan hanya sekedar pemandangan pantai yang disungguhi, pelancong juga dapat menikmati berbagai macam jenis ikan bakar. Mulai dari kerapuh, bawal, udang, dan berbagai jenis ikan lautnya. Akan terasa nikmat sembari menimati ikan bakar di pondok yang menjorok ke laut dengan es kelapa muda.

Pantai sepanjang 5 kilometer tersebut juga di lengkapi dengan wahana banana boat dan area bermain paint ball yang berada di dalam kawasan Lampuuk. Pantai ini tidak berombak tinggi, airnya jernih berwarna kehijauan dengan pasir pantainya yang putih.

Wisata sungai di Bendungan Beurayeun|Abigail Allegra

Wisata sungai di Bendungan Beurayeun|Abigail Allegra

2. Bendungan Beurayeun.

Objek wisata ini terletak di kawasan Leupung, Aceh Besar. Terletak kurang lebih 35 kilometer dari arah Kota Banda Aceh, kawasan ini dapat di jangkau kurang lebih 45 menit dari Ibukota Provinsi Aceh.

Tidak kalah indahnya, di objek wisata yang satu ini memang mempunyai daya tarik sendiri bagi para pecinta sungai. Air yang jernih dengan hamparan pepohonan yang rimbun serta pemandangan alam yang sejuk membuat kawasan ini layak menjadi tujuan rekreasi keluarga.

Di sekitaran bendungan juga terdapat pedagang makanan dengan pondok-pondok kecil di pinggiran sungai. Bukan itu saja, Bendungan Brayeun juga di lengkapi wahana air seperti boat karet dan boat bebek yang di jejerkan di batas bendungan. Membuat objek wisata ini semakin menarik untuk di singgahi bersama keluarga.

Lokasinya tidak sulit karena berada tepat di depan Polsek Leupung, area bendungan terletak sedikit ke dalam dengan jalan berkelok-kelok yang dapat di tempuh sekitar 5 menit dari Jalan Banda Aceh-Calang.

Melewati area persawahan warga serta di kelilingi area perbukitan membuat perjalanan menuju Bendungan Brayeun lebih mempesona.

Panorama alam di Gunung Geureute|Abigail Allegra

Panorama alam di Gunung Geureute|Abigail Allegra

3. Gunung Geurutee.

Gunung Geurute terletak di kawasan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya. Berjarak sekitar 2 jam dari pusat Kota Banda Aceh. Jika Lampuuk merupakan objek wisata pantai dan Bendungan Beurayeun merupakan objek wisata sungai. Maka Geurutee merupakan objek wisata pengunungan.

 

Namun pengunjung tak perlu mendaki jalan kaki karena di Gunung Geurutee terdapat area wisata yang terletak tepat di pinggiran jalan lintas Banda Aceh – Calang. Objek wisata ini memang tergolong unik, tempat peristirahatan yang sering di gunakan para penguna jalan yang melintasi kawasan tersebut berada di tepi jurang Gunung Geurutee.

 

Para pedagang jajanan membangun deretan tempat singgahan tersebut dari kayu sehingga suasana dan paronama alam yang dirasakan jauh lebih terasa natural.

 

Dari tempat ini, wisatawan dapat melihat secara langsung hamparan lautan Pantai Barat-Selatan yang indah dihiasi pulau terbelah yang berada tepat di depan mata. Terbalas sudah lelah saat menempuh perjalanan 2 jam, beristirahat sembari menghirup udara segar, Anda bersama keluarga bisa mencicipi kuliner yang di jual di pondok-pondok kayu yang berdiri di bibir tebing.

 

Tiga tempat yang AcehNews.net rekomendasikan untuk Anda bersama keluarga dapat menjadi alternatif rekreasi di akhir pekan. Ketiga lokasi tersebut akan mudah di jangkau karena berada di jalan yang searah. Selain itu pemandangan dalam perjalanan menuju tiga objek wisata tersebut akan terasa lebih menyenangkan karena di sepanjang perjalanan ada bisa menatap berbagai keindahan dari tiga objek wisata yang berbeda, pantai, sungai, dan pegunungan.  (irhamuddin)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com