Masyarakat Abdya Diserukan Gemar Makan Ikan

ACEH BARAT DAYA – Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang salah satu kegiatan adalah lomba masak serba ikan merupakan bentuk nyata untuk mewujudkan kecerdasan serta menyehatkan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Barat Daya, Muslim Hasan pada sambutan pembukaan acara lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (BBSA) dan lomba Masak Serba Ikan tingkat Kabupaten yang digelar Senin (27/4/2015) di Kota Blangpidie.

“Mencerdaskan dan menyehatkan anggota masyarakat terutama anak-anak sebagai penerus bangsa merupakan tanggungjawab pemerintah,”kata Muslim Hasan.

Lanjutnya, selain memperoleh pendidikan yang memadai, asupan gizi juga menjadi sarana penunjang demi terwujudnya hal yang dimaksud. Terkait dengan hak tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, sebutnya,  telah dan akan terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan atau udang demi menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat serta generasi penerus bangsa.

“Lomba masak serba ikan tingkat kabupaten Aceh Barat Daya diselenggarakan secara rutin sebagai kegiatan tahunan sebagai upaya menciptakan dan mendorong kreatifitas dalam menciptakan menu baru,” kata Muslim Hasan.

Hal ini juga untuk menggali potensi daerah sesuai budaya dan kultur masing-masing daerah, menyebarluaskan informasi menu makanan berbahan baku ikan kepada masyarakat, khususnya sebagai menu hidangan keluarga sehari-hari dengan aroma bumbu tradisional yang menyehatkan.

Melalui penyelenggaraan lomba masak ini, diharapkan mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat mengkonsumsi ikan meningkat. Disamping itu sebagai sarana meyakinkan masyarakat bahwa mengkonsumi ikan atau udang dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan agar tidak membosankan dan memiliki rasa sesuai yang diinginkan. (nasruddin oos)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com