Libur Panjang, Warga Sumatera Utara Banyak Melancong ke Sabang

AcehNews.net|BANDA ACEH – Bukan pemandangan yang aneh lagi, jika setiap libur panjang, Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu, Banda Aceh dipadati wisatawan. Akibat arus penumpang yang melonjak, yang semula dua kali pengyeberangan, ditambah menjadi enam kali penyeberangan.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Misdariyanto kepada AcehNews.net mengatakan, ribuan wisatawan yang memadati Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu dengan tujuan ke Sabang, kebanyakan dari mareka berasal Sumatera Utara.

“Setiap liburan panjang, banyak wisatawan lokal yang hendak melancong ke Sabang, kebanyakan berasal dari Sumatera Utara. Mereka (wisatawan) ada yang datang melalui transportasi darat dan juga udara,” kata Misdariyanto, Jumat (06/05/2016) di Banda Aceh.

Misdariyanto juga mengatakan lonjakan penumpang terjadi Kamis kemarin (05/04/2016), karena dimulainya hari libur. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, paihaknya akan berupaya agar semua penumpang dan kendaraan bermotor bisa terangkut menuju Pelabuhan Balohan, Sabang.

“Lonjakannya lebih seratus persen, kebiasaan di hari biasa kapal berangkat hanya dua kali, pagi dan sore. Sementara hari ini kita tambah menjadi enam kali,” katanya.

Lanjutnya, guna mengatasi lonjakan tersebut, pihak pelabuhan juga menambah armada kapal, dimana dioperasikannya dua kapal cepat  yaitu Cantika 89 dan Bahari Express. Sedangkan Kapal Lambat selain KMP BRR juga di bantu armada KMP Tanjung Burang dan KMP Papuyu.

Sementara untuk arus balik, Misdariyanto memperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu dan, menurutnya disaat arus balik tidak ada masalah soal keberangakatan dari Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Sabang menuju Ulee Lheu, Banda Aceh.

“Biasa kalau arus balik tidak ada masalah dan kendala, seperti biasa Insya Allah penumpang dan kendaraan bermotor bisa diangkut semua untuk kembali ke Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh karena kami berkoordinasi dengan pihak Pelabuhan Balohan Sabang, mengatasi persoalan melonjak penumpang saat arus balik,” demikian jelasnya. (oga)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com