Lhok Guci Menjadi Kampung KB

CALANG |AcehNews.net – Gampong Lhok Guci, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya pada Jumat kemarin (29/09/2017) dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) oleh Wakil Bupati, Tgk. Yusri Sofyan.

Turut hadir pada pencanangan Kampung KB tingkat Kecamatan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh, yang diwakili oleh Kabid KB dan KR, Muhammad Razali SE, Forkapimda, para camat, Kepala Puskesmas, Kepala SKPK setempat, keuchik, perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Wabup Aceh Jaya, Tgk. Yusri Sofyan dalam pidatonya mengatakan, program Kampung KB merupakan program dari Presiden Jokowi. Untuk itu dia meminta semua lintas sektor terkait di jajarannya agar mendukung program tersebut yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat di pedesaan. Wabup juga meminta agar para keuchik di Kecamatan Pasie Raya mensosialisasikan program KB kepada masyarakat. Karena menurutnya, program KB bukan membatasi jumlah anak tetapi menjadikan anak berkualitas dan berkarakter.

“Pembentukan Kampung KB merupakan tindaklanjut arahan dari Presiden RI yang dilanjuti oleh Mendagri melalui surat edaran kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia untuk membentuk dan mencanangkan Kampung KB. Agar manfaat program tersebut terintegrasi dengan program pembangunan lainnya, sehingga lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang tinggal di daerah terpencil, tertinggal, terpadat, dan termiskin,” ujarnya.

Lanjutnya, Gampong Lhok Guci, Kecamatan Pasie Raya, yang telah dicanangkan sebagai Kampung KB, merupakan pilot projeck pengembangan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang terintegritas. Jelasnya, di mana di Kampung KB, ada beberapa program yang dilakukan yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan peningkatan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

“ Semua program KKBPK tersebut tak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Untuk itu, saya berharap setelah pencanangan Kampung KB tingkat kecamatan di Kecamatan Pasie Raya, instansi terkait lainnya dapat mendukung BKKBN guna mensukseskan program Kampung KB,” tegasnya.

Sementara itu Muhammad Razali mengatakan, BKKBN mendapat mandat untuk mewujudkan Agenda Prioritas Pembangunan (nawacita) Pemerintah periode 2015-2019 terutama pada agenda kelima dan delapan. Yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan karakter bangsa melalui pembangunan KKBPK serta melaksanakan strategi pembangunan nasional pada pembangunan bidang kesehatan dan revolusi mental.

“Gampong Lhok Guci menjadi Kampung KB pertama di Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya. Diharapkan akan menjadi Kampung KB teladan di dalam melaksanakan program KKBPK yang terintegrasi dengan program-program pembangunan lainnya,” ujarnya.

Kata Muhammad Razali, Pemkab Aceh Jaya telah menunjukan komitmennya yang besar di dalam pelaksanaan Kampung KB di wilayahnya. BKKBN mengharapkan setelah pembentukan Kampung KB, kualitas hidup masyarakat di desa ini akan semakin meningkat.

“Di desa ini juga akan dilakukan berbagai kegiatan secara bersama-sama yang bersinergi antar sektor, sehingga tujuan utama untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat tercapai,” demikian kata M. Razali. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com