Kecepatan Angin di Banda Aceh dan Sabang 35 Km/jam

BANDA ACEH – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar mengingatkan dua hari ke depan, 22 hingga 23 Januari 2015 masyarakat di wilayah tersebut untuk mewaspadai angin kencang. Karena angin yang bertiup kecepatannya hingga 35 kilometer/jam.

“Angin kencang terjadi karena adanya tekanan angin di wilayah tersebut, untuk itu warga harus berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, hindari berada di bawah pohon dan sebaiknya memperbaiki atap rumah agar lebih kokoh sehingga tidak mudah diterpa angin kencang,” kata prakirawan Suyitno mengingatkan.

Masih kata Suyitno,  angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Timur laut dengan kecepatan 08 hingga 35 Km/jam. Kecepatan angin seperti ini dapat terjadi di wilayah Banda Aceh dan Sabang. Sedangkan Idie Rayeuk, Meulaboh, Sigli, Sinabang, Bireuen, Calang, dan Mereudu.

“Untuk wilayah lain kecepatan angin berkisar dari 20 hingga 28 kilometer/jam. Sedangkan Wilayah Aceh dua hari kedepan dari amatan Satelit Citra, berawan dan cerah berawan dengan suhu maksimum 33 derajat celcius (°C) dengan kelembaban 95 persen (%),” papar Suyitno.

Akibat angin kencang yang melanda Banda Aceh dan Aceh Besar dua hari kedepan berpengaruh terjadinya tinggi gelembang di perairan Sabang dan Banda Aceh yang ketinggiannya berkisar 1.5 hingga 2 meter. Untuk di perairan Utara dan Timur Aceh ketinggiannya diprakirakan 1.2 hingga 1.5 meter dan perairan Barat dan Selatan diprakirakan 0.75 hingga 1.25 meter. (saniah ls)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com