Kapal Kargo MV Pataya III Karam di Sabang

AcehNews.net|SABANG – Kapal MV. Pataya III berbendera Indonesia yang dinakodai Adolf Roni (59), mengalami kerusakan mesin di tengah laut dan karam di Pantai Balik Gunung, Iboih, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Kamis malam (11/08/2016).

Kapal kargo yang berangkat dari Pelabuhan Belawan, Medan menuju Teluk Bayur, Padang pada 07 Agutus itu mengalami kerusakan mesin di perairan Sabang – Ulee Lheue, Banda Aceh. Kapal berbobot 3.720 GT itu terombang-ambing di tengah laut dan akhirnya terdampar di Sabang pada Kamis malam (11/08/2016) atau sekitar pukul 22.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, T. Zakaria AL Bahri, SE, SH kepada AcehNews.net, Jumat kemarin (12/08/2016) mengatakan, awalnya mesin kapal mengalami kerusakan, pada Rabu malam (10/08/2016) di perairan  Sabang – Ulee Lheue, Banda Aceh, sekitar pukul 21.00 WIB.

Cuaca di laut, angin kencang dan ombak besar, kapal pun diombang-ambing hingga karam ke Pantai Balik Gunung, Iboih, Sabang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kandarnya kapal berawak 24 ABK itu. Dan kini semua ABK telah dievakuasi ke daratan.

“Semua ABK dan kapal tersebut dalam pengawasan Lanal Sabang dan agen kapal sudah kami hubungi agar datang ke Sabang, guna membicarakan langkah selanjutnya yang diperlukan,” kata T. Zakaria.

Komandal Lanal Sabang, Letkol Laut (P) Kicky Salvachdie mengatakan,  Kapal MV. Pataya III sebelum terdampar sempat melakukan lego jangkar di sekitar perairan Ulhee Lheue, Banda Aceh.

“Awalnya kapal tersebut berlindung dari cuaca buruk yang melanda perairan Sabang dan sekitarnya, namun karena terjadi kerusakan pada bagian mesin, kapal kargo tersebut diterpa badai ke Pantai Balek Gunung, Iboih, Sabang,” sebut Lekol Laut (P) Kicky Salvachidie kepada AcehNews.net.

Lanjutnya, kapal kargo milik PT. Kanaka Lines yang beralamat di Surabaya, Jawa Timur, mengalami kerusakan pada bagian mesin. Sedangkan kondisi ABK sedang dilakukan pengecekan kesehatannya oleh petugas terkait.

Sementara itu, Komandan Satgas RAPI Kota Sabang, Rudi Edwar (JZ01MRB) yang di hubungi AcehNews.net mengatakan, pihaknya mengetahui kandasnya kapal kargo berbendera Indonesia di perairan Sabang berdasarkan kontak radio dengan awak kapal dan diketahui kapal tersebut diterjang badai dan akhirnya kandas ke batu karang di pinggir laut kawasan Balik Gunung.

Belum diketahui kapan kapal kargo tujuan Teluk Bayur, Padang  itu akan dilakukan perbaikan mesin dan kerusakan lainnya. Kini kondisi kapal dikabarkan mengalami kebocoran dan air laut mulai masuk ke dalam kapal. (saniah ls/fitri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com