1 Hingga 4 Meter,
Ini Tinggi Gelombang Laut Aceh Menurut BMKG

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, meminta masyarakat agar berhati-hati dan senantiasa waspada dengan tinggi gelombang di perairan Aceh yang tingginya mencapai 4 meter.

Perairan yang mengalami gelombang tinggi yaitu perairan Sabang dan Banda Aceh diperkirakan 1.0 hingga  4.0 Meter. Tinggi gelombang perairan Barat dan Selatan Aceh diperkirakan 1.25 hingga 4.0 Meter.

Kemudian tinggi gelombang Selat Malaka bagian Utara Aceh diperkirakan 2.0 hingga 4.0 Meter dan tinggi gelombang Samudera Hindia Barat Aceh diperkirakan 2.5 hingga 4.0 Meter. Sedangkan tinggi gelombang perairan Utara dan Timur Aceh diperkirakan 1.25 hingga 2.5 Meter.

Pemicu terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Aceh disebabkan angin kencang. Dua hari ini, BMKG memprakirakan, angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Selatan hingga Barat dengan kecepatan 05  hingga 40 Km/ jam.

“Peringatan gelombang tinggi yang perlu diwaspadai sudah kita keluarkan peringatannya dari kemarin, Kamis, 21 Juli dan hingga hari ini, Jumat, 22 Juli 2016, gelombang tinggi masih terjadi perairan Aceh. Masyarakat yang tinggal di pesisir dan juga perusahaan perairan agar berhati-hati dan mewaspadai kondisi ini,” tutur prakirawan Dedy Ardana, Kamis malam (22/07/2016) di Blang Bintang, Aceh Besar.

Selain gelombang tinggi, BMKG juga mengeluarkan peringatan waspada hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/guntur yang terjadi disejumlah wilayah Aceh yaitu bagian Barat, Selatan, Utara dan Timur Aceh.

“Pada umumnya Provinsi Aceh kondisi cuaca hujan ringan hingga hujan sedang di beberapa wilayah. Masyaraka perlu waspada hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat,” kata Dedy Ardana.

Sejumlah wilayah di Aceh yang diprakirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang dan lebat terjadi di Tapak Tuan, Takengon, Meulaboh, Singkil, Bireuen, Blangpidie, Simpang Tiga Redelong, Lhokseumawe, dan Subulussalam. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *