Ini Manfaat Air Putih dan Bahaya Minum Air Es Bagi Tubuh

BANDA ACEH|AcehNews.net – Salah satu cara untuk mejaga ketahanan tubuh Anda saat berpuasa adalah memperbanyak minum air putih. Air putih sangat dibutuhkan dalam tubuh kita untuk mengatur suhu tubuh, menghilangkan racun, dan mencegah dari serangan penyakit. Apa lagi saat Anda sedang menjalani ibadah puasa.

Menjalankan ibadah puasa menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan dan minum air putih secara teratur,  sangat penting bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa untuk mendapatkan berkah dan pahala di bulan yang penuh rahmat ini.

Namun jangan kahwatir, puasa tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar ibadah puasa Anda tetap lancar. Saat ini banyak anggapan bahwa sangat sulit menerapkan pola hidup sehat selama berpuasa.

Namun, demi untuk tetap menjaga kesehatan itu sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Apa lagi kalau anda termasuk orang teratur dan menjaga pola hidup anda agar tetap sehat. Sederhana saja, selama bulan puasa ini anda cukup mengkonsumsi delapan gelas air putih dalam sehari. Caranya, minumlah dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur.

Disamping itu, melihat cuaca yang kurang bersahabat terkadang panas, mendung, hujan. Membuat kita sering kali menginginkan air dingin saat berbuka. Seperti dikutip dari beberapa sumber oleh AcehNews.net. ternyata mengkonsumsi air es saat puasa sangat berbahaya bagi tubuh anda.

Diantaranya, Pembuluh darah anda mulai menyusut dan sistem pencernaan dibatasi. Air dingin membatasi hidrasi, dan haus tidak akan pernah terpenuhi. Dalam keadaan normal, tubuh menggunakan air untuk mengumpulkan energi, tetapi air es, sistem pencernaan membutuhkan energi.

Ketika Anda minum langsung air dingin setelah makan, tubuh kita akan membuat lendir yang berlebihan, yang membuat sistem kekebalan tubuh  melemah. Jika Anda minum air dingin setelah setiap makan, ada kemungkinan rentan terserang penyakit. Bila anda minum air dingin di antara makan, lemak akan membeku yang membuatnya lebih sulit untuk dicerna. Hati dan sistem pencernaan dipengaruhi oleh perubahan ini.  (zuhri)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com