Ini Cara Warga Ketol Usir Kawanan Gajah

AcehNews.Net|TAKENGON – Hampir sebulan lamanya warga Kecamatan Ketol khususnya Kampung Bergang dan Karang Ampar, Aceh Tengah, dipusingkan dengan keberadaan kawanan gajah di sekitar lokasi perkebunan mereka

Berbagai cara pun sudah ditempuh, hingga Sabtu kemarin (19/9/2015) dipimpin oleh Camat Ketol, Maimun beberapa warga sepakat untuk menghalau kawanan gajah dengan cara digiring pelan-pelan hingga meninggalkan perkebunan warga.

“Malam minggu ini habis magrib, kita mulai bergerak pelan-pelan untuk menghalau gajah,” kata Maimun ketika dikonfirmasi AcehNews.net.

Maimun minta dibantu do’a dari seluruh masyarakat untuk usaha yang kerab berulang dialami warga dikecamatannya tersebut.”Mudah-mudahan dengan niat yang tulus dan ikhlas, gajah-gajah itu dapat menjauh dari perkebunan dan permukiman penduduk,” harap Maimun.

Setidaknya terdapat enam ekor gajah yang kali ini sering terlihat di area perkebunan warga, umumnya gajah-gajar liar tersebut mulai tampak menjelang magrib hingga malam di area perkebunan warga setempat.

Gajah-gajah tersebut perlu dihalau untuk mencegah kerugian lebih besar dialami oleh warga yang sebagian besar merupakan petani dan berkebun. Warga berharap ada upaya dan penanganan dari pemerintah, agar tidak mengalami kerugian yang berkepanjangan.

Sebelumnya pada April 2015 lalu puluhan hektare kebun rakyat di kampung Bergang juga rusak akibat diserbu belasan gajah liar. Umumnya hewan dilindungi itu merusak tanaman seperti kebun kopi, coklat, pinang, dan tanaman muda lainnya.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com