Ini Cara Baru Agar Tidur Bisa Nyenyak

BERBAGAI metode agar mudah tidur telah Anda lakukan, tapi Anda masih saja tetap terjaga. Namun, kini satu tim peneliti telah mengembangkan metode baru yang diklaim dapat membantu Anda tertidur hanya dalam 60 detik.

Pakar kesehatan Dr Andrew Weil dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, adalah pioner dari metode tersebut. Andrew menamai teknik tidur cepat ini 4-7-8, yang dilakukan dengan teknik pernapasan untuk menenangkan pikiran dan merelaksasi tubuh.

Teknik ini dilakukan pertama-tama dengan membuang napas perlahan melalui mulut, hingga bersuara, selama empat detik. Kemudian tahan napas selama tujuh detik, dan dilanjutkan dengan membuang napas melalui mulut selama delapan detik. Ulangi lagi metode itu selama lima sampai delapan kali.

“Pastikan Anda selalu menarik napas perlahan melalui hidung dan keluarkan dengan suara melalui mulut. Saat menembuskan napas, pastikan waktunya dua kali lebih lama daripada saat menarik napas. Ujung lidah juga harus tetap di posisi yang sama,” jelas Dr Weil seperti dikutip dari Dailymail, Senin (8/6/2015).

Saat stres, sistem saraf menjadi terstimulasi berlebihan sehingga menimbulkan ketidakseimbangan yang menyebabkan kesulitan tidur. Metode 4-8-7 ini bila dilakukan dengan baik akan dapat memberi efek relaksasi pada sistem saraf parasimpatetik, yang juga memicu ketenangan. (okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com