Ini Bahaya Salad Saji Bagi Kesehatan

LONDON – Bakteri jenis tertentu ditemukan dalam kantong berisi potongan salad siap saji. Bakteri tersebut sulit dibunuh kecuali salad diradiasi.

Temuan tersebut merupakan hasil penyelidikan Health Protection Agency terhadap salad terkait infeksi Cryptosporidium yang diderita 300 orang Inggris dan Skotlandia pada Mei 2012. Dalam analisisnya, salad siap saji serta bayam siap saji berkaitan dengan dengan infeksi bakteri.

Infeksi ditemukan dalam salad siap saji yang dijual di supermarket. “Dari temuan ini satu atau lebih sayuran salad bisa saja terkontaminasi, ” ujar lembaga tersebut dilansir The Telegraph, Ahad (24/3).

Professor Hugh Pennington dari lembaga tersebut mengatakan kasus infeksi juga ditemukan di Amerika Serikat. Tahun lalu, produk salad ditarik dari 10 negara bagian AS setelah Departemen Kesehatan Tennessee menemukan bakteri dalam sebuah sampel salad siap saji.

Permintaan salad meningkat karena kampanye makan makanan sehat. Namun, salad merupakan salah satu produk yang paling banyak menyebabkan penyakit. Hal itu terjadi karena sayuran tercemar sejumlah paktogen yang hanya dapat dibunuh dengan pemanasan atau sabun anti bakteri, tidak hanya air.

“Secara umum, lebih aman makan burger daripada salad, ” ujar Pennington.

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com