Ini Bahaya di Balik Aplikasi Pokemon Go

CALIFORNIA – Sebuah perusahaan peneliti keamanan bernama Proofpoint telah menemukan adanya bahaya di balik program APK Pokemon Go. APK yang telah diunduh diduga mengandung malware jahat.

Dilansir dari Tech Times, Senin (11/7/2016), malware yang menginveksi Pokemon Go disinyalir merupakan DroidJack yang juga dikenal sebagai SandroRAT. Malware tersebut memungkinkan dapat memberikan akses penuh kepada penyerang dalam mengontrol perangkat korbannya.

Pokemon Go yang terinfeksi telah disusupi malware selama kurang dari 72 jam setelah perilisan resminya di wilayah Australia dan Selandia Baru. Selain itu, peretas juga memanfaatkan waktu perilisan secara bertahap, terutama di wilayah yang belum dirilis, dengan menginfeksikan pada program APK.

Jika sudah terlanjur mengunduh APK, ada baiknya untuk mengecek apakah perangkat yang digunakan aman atau terinfeksi dari malware tersebut.

Salah satu cara yang disebutkan Proofpoint yakni dengan mengecek perizinan (permission) dari Pokemon Go dengan mengunjungi menu pengaturan dan masuk ke daftar aplikasi. Di bawah perizinan aplikasi terdapat tanda bendera berwarna merah yang mengindikasikan adanya malware DroidJack.

Malware tersebut dapat mengakses untuk membuat panggilan telefon, pesan SMS, rekaman suara, modifikasi kontak, membaca history dan bookmark internet, serta menyambung dan memutus koneksi Wifi.

Proofpoint sendiri menyarankan untuk mengunduh aplikasi Pokemon Go secara resmi setelah waktu perilisan tiba, dikarenakan file APK tidak menjalani percobaan dan pemeriksaan dari toko aplikas resmi. (okezone.com)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com