Illiza Tawarkan Peluang Bisnis Untuk Investor Amerika

BANDA ACEH –  Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, Pemerintah kota Banda Aceh membuka peluang bisnis bagi para investor Amerika Serikat agar dapat berinvestasi di kota bersyariat Islam.

Hal itu disampaikan Illiza saat diundang Kejakarta oleh Kedutaan Besar Amerika di Jakarta untuk mempresentasikan program-program terkait Smart City (Kota Pintar). Acara yang mengusung tema “Using Technology To Promote Good Governance In Bandung, Banyuwangi, Banda Aceh and Beyond”, di Jakarta Rabu (28/1/2015).

Dalam pertemuan dengan Kepala Bidang Ekonomi Kedubes Amerika dan pihak Kamar Dagang Amerika, di Banda Aceh, Kamis (29/1/2015). Illiza menyampaikan peluang-peluang bisnis untuk investor Amerika yang nantinya dapat bekerjasama dengan Pemko Banda Aceh.

“Kita mengharapkan pihak Kedubes Amerika dapat membantu Kota Banda Aceh dalam bidang penyedian air bersih, iklan flatron dan pelayanan emergency call, seperti 911 di Amerika,”ujar Illiza. Selain itu, Walikota juga menyampaikan perkembangan Kota Banda Aceh paskagempa dan tsunami Aceh kepada Kepala Bidang Politik Kedubes Amerika.

Dalam presentasinya didepan Dubes Amerika untuk Indonesia, Robert O Blake Jr, Illiza memaparkan sejumlah program ICT yang telah diterapkan Pemerintah Kota Banda Aceh dengan beberapa konsep yang dinamakan Banda Aceh Islamic Ciber City (BAICC).

Dikatakannya, beberapa konsep BAICC itu, diantaranya, pelayanan perizinan online, data base sosial ekonomi, arsip kependudukan online, edukasi berbasis TIK, database pepohonan kota, peningkatan SDM aparatur Pemerintah terkait ICT dan reformasi birokrasi berbasis IT.

“Program Smart City ini harus diikuti smart people, dan yang lebih penting digunakan dalam hal positif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,”kata Illiza dalam presentasinya.

Walikota Banda Aceh diundang Kedutaan Besar Amerika di Jakarta untuk mempresentasikan program terkait Smart City. Selain Illiza, juga diundang Bupati Banyu Wangi, Abdullah Azwar Anas dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (agus)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *