Hujan Petir Kembali Landa Wilayah Aceh

BANDA ACEH – Hujan deras yang disertai angin kencang dan petir/kilat diprakirakan akan terjadi di wilayah Aceh bagian Barat, Selatan, dan Tengah dalam dua hari kedepan, 20 hingga 21 Oktober 2014. Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan waspada bagi masyarakat yang tinggal di tiga wilayah tersebut.

“Dari amatan kami di satelit Citra di tiga wilayah Aceh tersebut akan terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kecang, dan petir/kilat. Untuk itu kami mengingatkan masyarakat agar waspada dengan cuaca ekstrem tersebut,” kata Prakirawan Khairul Akbar, lewat email yang dikirimkannya ke AcehNews.net, Minggu (19/10).

Sebut Khairul, daerah yang diprakirakan akan turun hujan deras yaitu Takengon, Sinabang,  Blangpidie, Blang Kejeren, Calang, Suka Makmue,  dan Simpang Tiga Redelong. Sementara itu, Tapaktuan, Kutacane, Meulaboh, Kota Jantho, Sigli, Lhoksukon, Singkil, Bireuen, Meureudu, Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, dan Subulussalam, hujan turun dengan intensits sedang.

Masih sebut Khairul, di wilayah ini juga angin ketinggian permukaan sampai 3000 feat umumnya bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 05 hingga 30 kilometer/jam. Untuk  gelombang laut ketinggian berkisar  antara 0,5 hinga 2  meter dapat terjadi di perairan Sabang, Banda Aceh, Barat, dan Selatan. Gelombang berkisar antara 0,25 hingga 1 meter dapat terjadi di perairan Utara dan Timur Aceh. (saniah ls)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com