Hilangkan Sakit Gigi dengan Getah Jarak

Obat pereda nyeri untuk sakit gigi sangat mudah ditemukan di pasaran, mulai di warung kecil sampai apotek ternama, berbagai macam merk juga tersedia.

Namun pada kenyataannya di beberapa desa masih ditemukan perilaku masyarakatnya yang menggunakan getah jarak sebagai pereda nyeri gigi.

Dilansir klikdokter.com hal ini berkaitan dengan perilaku masyarakat yang berusaha mengobati gigi sendiri. Alasannya bisa dikarenakan faktor takut untuk berkunjung ke dokter gigi, masalah biaya, jarak yang harus ditempuh atau terkadang disebabkan karena tidak adanya dokter gigi disuatu daerah terpencil.

Berikut penjelasan lengkap tentang mengatasi sakit gigi dengan getah jarak.

Pohon jarak merupakan salah satu jenis pohon yang masuk ke dalam kategori apotek hidup. Itu artinya adalah pohon jarak bisa digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melakukan pengobatan – pengobatan secara herbal dan tradisional.

Hampir sama dengan banyak tanaman obat atau apotek hidup lainnya, hampir semua bagian dari tanaman jarak bisa dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehari – harinya.  Nama ilmiah getah jarak adalah Jatropha curcas, yang dalam bahasa yunani jatros berarti ‘dokter’ dan trophe berarti ‘makanan’ atau ‘nutrisi’, maka dapat dikatakan jatropha curcas berarti ‘tanaman obat’.

Bagi anda yang mengalami sakit gigi, anda juga dapat memanfaatkan getah tanaman jarak untuk meredakan sakit gigiyang anda alami. Meskipun memang tetap harus diperiksakan ke dokter gigi, namun tidak ada salahnya melakukan pengobatan tambahan di rumah.

Bagian yang dapat digunakan sebagaipereda nyeri gigi adalah getahnya.

Cara yang biasa dilakukan adalah dengan meneteskan getah sebanyak 1 sampai 2 tetes pada lubang gigi yang sakit.

Telah diketahui berdasarkan suatu penelitian bahwa memang getah jarak ini memberikan efek sebagai pereda nyeri gigi yang baik.

Namun dalam penggunaannya akan lebih baik jika tidak dengan meneteskan langsung sejumlah getah tersebut pada gigi, karena jika begitu keakuratan dosis dan formulasi yang benar tidak didapatkan.

biji jarak. (foto: kompas.com)

Ekstrak getah jarak merupakan bentuk yang dinilai lebih baik dalam penggunaannya dibanding getah jarak segar, namun masih sulit ditemukan dipasaran.

Tentu saja pemakaian obat pereda nyeri gigi buatan pabrik lebih dianjurkan daripada memakai getah jarak segar. Ini dikarenakan obat pabrik sudah melalui serangkaian tes dan uji coba yang telah memenuhi standar sehingga mempunyai dosis yang tepat.

Bagaimanapun juga, pengobatan sakit gigi pada prinsipnya adalah memberikan penanganan yang tepat pada kondisi gigi yang bermasalah tersebut dengan tepat. Memberikan pereda nyeri hanya sekedar menghilangkan sensasi sakit dan nyeri yang ada.Namun akar permasalahannya tetap ada jika gigi yang sakit tersebut tidak ditangani dengan tepat dengan ke dokter gigi.  (jabar.tribunnews,com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *