Gubernur Aceh: Islam itu Cinta Damai dan Menjauhi Kekerasan

IDI – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-33 Tingkat Provinsi yang digelar di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur di Kota Idi, Sabtu malam (18/11/2017). MTQ akan berlangsung hingga 25 November mendatang.

Dalam sambutannya Gubernur Irwandi Yusuf mengatakan, Alquran adalah qalamullah sebagai pedoman manusia agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Selain berisi nilai keimanan, Alquran juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi manusia.

Gubernur menjelaskan, Alquran juga banyak berisi kisah sejarah, falsafah hidup, kemuliaan, dan keteladanan, serta pesan-pesan moral yang luhur dan agung.

“Itulah sebabnya, siapapun yang membaca dan menghayati pesan yang terkandung dalam Alquran, meningkatlah iman, dan ketakwaannya,” ujar Irwandi.

Irwandi mengatakan, pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai universal dari Alquran juga dapat memberikan kontribusi dalam membangun tatanan dunia yang aman, adil, dan bermartabat. Oleh sebab itu, kata Gubernur Aceh, pelaksanaan MTQ ini sejatinya menjadi cerminan sekaligus seruan kepada seluruh ummat di dunia.

“Sesungguhnya Islam itu teduh dan damai. Islam itu cinta keadilan dan menjauhi kekerasan, Islam itu menolak kebencian dan fitnah. Islam itu selalu menganjurkan persatuan dan ukhuwah,” kata Gubernur.

Dalam konteks pembangunan, lanjut Gubernur, kegiatan MTQ juga mengemban misi yang sangat mulia sekaligus strategis, yakni menguatkan pembangunan akhlak bangsa. Di samping itu, katanya lagi, MTQ juga merupakan wahana mencetak generasi qurani, yaitu generasi yang mencintai dan mengamalkan Alquran, serta mampu memposisikan dirinya sebagai agen perubahan dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat.

“Melalui pelaksanaan MTQ kali ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, mari sama-sama kita kuatkan tekad untuk lebih meningkatkan interaksi kita dengan Alquran,” ujar Irwandi.

Gubernur juga berharap, MTQ ini dapat melahirkan para peserta terbaik untuk berbagai ketagori yang akan mewakili Aceh pada MTQ Nasional ke-27 Tahun 2018 yang akan digelar di Sumatera Utara.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib, dalam sambutannya berterima kasih kepada Gubernur karena telah mempercayakan kabupaten tersebut sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Aceh ke-33.

Bupati Hasballah juga meminta agar kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tetap dipercayakan kepada Aceh Timur di tahun-tahun mendatang.

Pembukaan MTQ ini turut dihadiri Wali Nanggroe Malik Mahmud, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr. Munawar, para Bupati/Walikota se-Aceh, anggota DPRA, serta para tamu lainnya. (saniah ls/ril)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com