Gilang Ramadhan Kolaborasi dengan Komunitas Rapa’i di Desa Nusa

AcehNews.net|JANTHO – Penampilan komunitas rapa’i Al Hayah menghiptonis ratusan pengunjung yang datang ke Gampong (desa) wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Ahad kemarin (28/08/2016). Pun dengan musisi dan drummer Krakatau Band, Gilang Ramadhan. Suami Shanaz Haque ini pun menunjukan kebolehan menabuh drum dan berkolaborasi dengan komunitas rapa’i.

Penampilan komunitas rapa’i yang telah tampil dalam berbagai kegiatan di daerah dan luar provinsi serta sejumlah negara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi dan Gilang Ramadhan, musisis dan drummer Krakatau Band.

“Kegiatan ini juga bagian dari promosi desa wisata di Aceh dan juga melestarikan khazanah Aceh,”kata tokoh masyarakat, Gampong Nusa, Rubama di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Rubama mengatakan, dalam kegiatan yang turut menampilkan tarian Aceh tersebut, Rubama bersama komunitas anak muda di Gampong Nusa, mengemasnya dengan presentasi, sehingga wisatawan yang berkunjung ke desanya ini bisa mendapat wawasan dan pemahaman.

Sedangkan terkait terkait perkembangan sektor wisata di desanya itu, diakuinya, pihaknya siap menampung berbagai masukan dan kritikan yang bersifat membangun dari berbagai komponen, baik itu pelaku wisata, masyarakat, dan maupun Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan Pemerintah Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi pada kesempatan itu, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan di gampong wisata yang atas inisiatif masyarakat tersebut.

“Penampilan atraksi budaya sudah sangat baik dan ini juga menjadi salah satu pemikat pengunjung yang datang ke gampong ini untuk berwisata,” ujarnya.

Reza mengatakan, Pemerintah Aceh menyambut baik dengan program gampong wisata berbasis masyarakat ini dan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan berbagai sarana pendukung seperti toilet yang memadai dan juga penunjuk arah.

“Kita nantinya juga akan meningkatkan kemampuan masyarakat di daerah setempat dengan membawa sejumlah tokoh yang terlibat aktif dalam kegiatan ini untuk belajar di desa yang telah lebih awal melaksanakan kegiatan tersebut seperti di Bali,” paparnya.

Lebih lanjut, Reza menambahkan masyarakat di Gampong Nusa sangat antusias menyiapkan berbagai sarana pendukung sebagai kawasan wisata seperti penginapan, kerajinan tangan, seni, kuliner dan beragam kegiatan lainnya.

Untuk itu, Reza mengatakan, pihaknya saat ini juga sedang melaksanakan Aceh International Rapa’i Festival 2016 yang turut dimeriahkan oleh group seni dalam dan luar negeri yang berlangsung dari 26 hingga 30 di Taman Ratu Safiatuddin, Taman Budaya, dan Museum Tsunami di Banda Aceh. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com