Besok, Gelombang Laut Sabang dan Banda Aceh Capai 4 Meter  

BANDA ACEH – Badan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan dua hari ke depan, 7 hingga 8 Oktober 2014, gelombang laut dengan ketinggian 4 meter berpeluang terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh.

Menurut prakirawan, Khairul Akbar SP kepada acehnews.net, Senin malam (6/10),  tingginya gelombang di perairan Sabang dan Banda Aceh karena adanya gangguan tekanan di atas atmosfir Aceh, sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 07-40 Kilometer/jam.

“Aceh  sedang memasuki musim penghujan sehingga cuaca di Aceh kurang stabil. Selain itu  Di Sabang khususnya diprakirakan angin bertiup kencang, maka terjadinya gelombang tinggi tetapi ke arah barat dan timur agak kurang,” jelas Khairul.

Untuk itu kata Khairul, BMKG meminta masyarakat nelayan dan perairan untuk wasdapa dengan kondisi tersebut. Selain di prairan Sabang dan Banda Aceh, tinggi gelombang mencapai 3 meter terjadi di perairan Barat dan Selatan. Sementara perairan Utara dan Timur Aceh tinggi gelombang mencapai maksimum 2,5 meter.

“Perlu diwaspadai tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan,” katanya mengingatkan kembali.

Sementara itu di Provinsi Aceh prakiraan BMKG masih dengan kondisi cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang. Sabang dan Calang sebut Khairul diprakirakan berpeluang hujan dengan intensitas sedang sedangkan wilayah lain di Aceh berpeluang hujan ringan dan berawan. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *