Gelombang Laut di Aceh Capai 2.5 Meter

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Blang Bintang, Aceh Besar menginformasikan kepada masyarakat bahwa tinggi gelombang laut di perairan Aceh mencapai ketinggian maksimum antara 2.0 hingga 2.5 meter yang diprediksikan terjadi pada 17 dan 18 Desember 2014.

Disebutkan BMKG, seperti disampaikan prakirawan Syahrir kepada AcehNews.net, Selasa (16/12),  gelombang tinggi terjadi di perairan Pulau Simeulue – Meulaboh Timur laut – Barat Daya, Samudera Hindia barat Aceh Selatan – Barat Daya, dan perairan Sabang-Banda Aceh Timur  dengan ketinggian mencapai  2.0 -2.5 meter. Sementara di perairan Lhokseumawe Timur Laut-Timur ketingginya mencapai 1.25-2.0 meter.

“Dari amatan yang  kami lakukan melalui pantaua Citra Satelit, di wilayah atas atsmosfit Aceh, adanya perkumpulan awan hujan yang cukup tinggi sehingg memicu tinggi gelombang. Serta angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Timur Laut dan Timur dengan kecepatan 05 – 29 Km/jam,” jelas Syahrir.

Syahrir meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di persisir, nelayan, pelayaran, agar senantiasa berhati-hati dengan  kondisi gelombang tinggi tersebut. Dia juga menambahkan, dua hari kedepan kondisi cuaca di Aceh berpeluang hujan ringan hingga sedang.

“Hujan dengan intensitas sedang terjadi di Bireuen dan Langsa, sedangkan sejumlah wilayah lainnya diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan,” demikian prediksi Syahrir.(saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com