Dua Calon Bupati Abdya Jalani Tes Baca Al-Quran

ACEH BARAT DAYA – Dua calon Wakil Bupati Aceh Barat Daya melakukan tes kemampuan baca Al-Quran yang digelar Kamis (2/4/2015) oleh Panitia Pemilihan sebagai salah satu syarat untuk dipilih dalam pemilihan pada 13 April mendatang.

“Erwanto, ST dan Tgk Kamaluddin mampu membaca Alqura dengan baik,” kata Ketua Tim Penguji dari LPPTK Kabupaten Aceh Barat Daya, Tgk Marwis kepada AcehNews.net, selesai menggelar tes uji baca Al-Quran kepada dua calon Wabup Abdya di Mushalla Lanati II Gedung DPRK setempat.

Meskipun demikian, pengumuman kelulusan uji baca Al-Quran akan kita sampaikan kepada panitia pemilihan pada tanggal 6 April mendatang.”Kami dari tim penguji akan duduk dulu sebelum hasilnya diserahkan kepada DPRK,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penguji menyebutkan, keduanya didepan umum terlihat  mampu membaca Al-Quran sehingga dapat dipastikan bakal lulus.”Cuma nanti yang  membedakan nanti adalah nilainya,” tuturnya singkat.

Uji baca Alquran di Mushalla DPRK disaksikan Anggota KIP Abdya, Hasbi, Wakil Ketua I DPRK, Romy Syah Putra, Wakil Ketua II DPRK, Jismi, Ketua LPPTK Abdya yang juga Sekda Abdya, Drs Ramli Bahar, Ketua DPP PA Abdya, M.Nazir, anggota tim pansus pemilihan Wabup yakni Julinardi (Hanura), Mukhils. AW (PKPI), Agus (Golkar), Yusran (Nasdem), dan sejumlah pejabat di Sekretaris Dewan.

Pemilihan Wakil Bupati Abdya sisa masa jabatan 2012-2017 sudah memasuki tahap uji mampu baca Al-Quran. Kedua calon secara berurutan Erwanto dan Tgk Kamaluddin alias Tgk Young membaca ayat Al-Quran yang telah ditunjuk oleh dewan juri selama maksimal 10 menit dan minimal 7 menit.

Dalam arahannya Tgk Marwis selaku Ketua Tim penguji didampingi Tgk Nyak Umar dan Tgk Zulkifli masing-masing sebagai anggota tim penguji menyebutkan, ada tiga hal yang dinilai dalam uji baca Al-Quran, ketiganya adalah tajwid, fa’sahab dan adap sementara irama atau tilawah diserahkan kepada masing-masing calon.Selain itu tim penguji dari LPPTK Abdya juga menentukan ayat yang akan dibacakan oleh para calon.

Sementara, Ketua Tim Pansus DPRK Abdya, Tgk Iskandar, mengatakan, setelah tes kemampuan membaca Al-Quran, kedua calon Wakil Bupati Abdya  akan tes kesehatan yang akan digelar Senin (7/4/2015) di RSUZA Banda Aceh. Pada tahap selanjutnya akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditetapkan. (nasruddin oos)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com