dr M. Yani M.Kes Kepala Perwakilan BKKBN Aceh yang Baru

AcehNews.net|BANDA ACEH – Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah melantik  dr. M Yani M.Kes, PKK sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (17/10/2016). Mantan Kadis Kesehatan Aceh ini menggantikan Drs. M. Natsir Ilyas yang sudah memasuki masa pensiun Juni lalu.

Pelantikan ini juga dihadiri Kepala BKKBN RI, dr Surya Chandra Surapaty MPH, Ph.D, Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh serta Kabid, Kasubid, dan staf di jajaran Perwakilan BKKBN Aceh.

Dalam sambutannya, Gubernur Zaini berharap kepada Kepala Perwakilan BKKBN yang baru dilantik agar senantiasa membangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Aceh, sehingga berbagai program-program kependudukan di daerah ini dapat berjalan dengan lancar.

“Tidak bisa dibantah, upaya mewujudkan keluarga sejahtera merupakan langkah penting bagi kita untuk menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan. Salah satu program penting untuk mewujudkan harapan itu adalah menjalankan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan  baik, sebab fakta membuktikan kalau kesuksesan Program ini berbanding lurus dengan kualitas SDM dan kesejahteraan keluarga,” ujar Gubernur.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia boleh dikatakan cukup berhasil dalam mengampanyekan program Keluarga Berencana, terutama pada era 80-an  hingga tahun 2000 dimana Indonesia sukses menekan laju pertumbuhan penduduk, dari 5,6 menjadi 2,8 per tahun dan mampu menurunkan total fertility rate (TFR) sebesar 50%.

Namun setelah era otonomi berlangsung, kata Gubernur Zaini. komitmen politis terhadap Program KB ini terasa melemah di daerah. Akibatnya program pengendalian penduduk mengalami stagnan, bahkan di beberapa daerah, program ini hampir-hampir terabaikan.

“Tak mengherankan jika secara nasional, pertumbuhan penduduk selama sepuluh tahun terakhir mencapai 20 sampai 25 juta jiwa,” katanya.

Zaini Abdullah juga, pada kesempatan itu berharap agar Kepala Perwakilan BKKBN Aceh yang baru dilantik dapat menjadi motor untuk membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah ditingkat propinsi dan kabupaten/kota dalam menjalankan program KKBPK di Aceh yang efektif dan menyentuh hati masyarakat.

Gubernur Zaini dalam pidatonya juga meminta pemerintah kabupaten/kota di seluruh Aceh ikut ambil bagian dalam kegiatan revitalisasi Program KKBPK di daerah masing-masing dan  mendukung program-program KKBPK yang sudah berjalan di daerah sehingga berjalan dengan cukup baik.

Selesai dilantik, dr M. Yani kepada AcehNews.net mengatakan, Selasa besok dia mulai bekerja. Segera melakukan koordinasi dengan bidang-bidang yang ada di jajaran Perwakilan BKKBN Aceh, guna membicarakan program-program kerja apa saja yang belum dilaksanakan dan yang sudah terlaksanakan. Apalagi waktu kata dr M. Yani sudah tinggal dua bulan lagi dan berharap program-program yang belum berjalan bisa dilaksanakan dalam waktu tersebut.

Kemudian, lanjutnya, dalam dua minggu ini akan melakukan evaluasi dan monitoring program-program yang telah diluncurkan di daerah, seperti Kampung KB, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), dan program lainnya sehingga berjalan maksimal. Serta terus meningkatkan kemitraan dengan mitra kerja BKKBN, seperti TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan mitra kerja lainnya.

“Seperti tadi yang diamanahkan Bapak Gubernur, kami akan membangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten dan kota, sehingga berbagai program-program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga di daerah ini dapat berjalan dengan maksimal sebagaimana yang diharapkan Gubernur Aceh,” demikian jelas dr M. Yani. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com