Di Aceh Besar dan Banda Aceh Harga Ayam Potong Rp45 Ribu/Ekor

BANDA ACEH – Harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Banda Aceh dan Aceh Besar dalam seminggu terakhir ini terus melonjak naik, akibat permintaan meningkat.

Iwan, salah seorang pedagang ayam potong, di Pasar Tradisional, Lambaro, Aceh Besar mengatakan, melonjaknya harga ayam potong sudah terjadi dalam beberapa pekan lalu.

“Sejak memasuki tahun baru, harga harga ayam potong di Pasar Lambaro, sudah mulai naik,” ujar Iwan, kepada wartawan, Senin (19/1/2015) di Aceh Besar.

Menurutnya terus melonjaknya harga ayam potong disebabkan memasuki tahun baru, karena setiap tahun baru dipastikan harga barang naik, selain itu, juga memasuki hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ia merincikan, harga jual ayam potong di Pasar Lambaro saat ini berkisar sekitar Rp35.000 hingga Rp40.000/ekor (tergantung besar kecilnya). Iwan sendiri mengaku dia menjual ayam potong seharga Rp40.000/ekor. Harga tersebut adalah harga jual di pasar induk lambaro.

Hal sama juga disampaikan, Muhammad, seorang pedagang ayam potong, di Pasar Peunayong, Banda Aceh mengatakan, kenaikan harga ayam potong sudah terjadi beberapa minggu terakhir ini. Menurut Muhammad kenaikan harga ayam ini dikarenakan tingginya permintaan ayam potong selama memasuki bulan Maulid Nabi, itu salah satu penyebab kenaikan harga ayam potong tersebut.

Saat ini dari pengakuan Muhammad, dia menjual ayam potong seharga Rp24.000 per kilogramnya, kalau per ekornya ia menjual sekitar Rp45.000. Masih kata Muhammad, selama memasuki bulan Maulid Nabi, ia  mampu menjual ayam potong sebanyak 250-300 ekor/hari setiap Jumat dan Sabtu, sedangkan hari biasa terjual 150 ekor. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com