Dewi Sandra Sempat Dijauhi Temannya, Saat Berhijab

JAKARTA – Penyanyi dan artis peran Dewi Sandra (35) bercerita, sejak ia mantap berhijab pada 2012, banyak temannya dari masa sebelum ia mengenakan jilbab menghindar darinya.

Menurut Dewi, hal itu bukan karena ia yang menghindari mereka, melainkan sudah merupakan bagian dari jalan hidupnya. “Bukan saya yang jauhin. Saya enggak menghindar. Tapi, semuanya sudah diseleksi oleh Allah, sepertinya,” ujar Dewi dalam wawancara di Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2015).

Perempuan yang menikah dengan Agus Rahman pada 2011 ini mengatakan, meski kawan-kawannya itu menghindar, ia tak memutus tali silaturahim dengan mereka. Lanjutnya, ia juga tetap menjaga komunikasi dengan mereka, walau tak sesering sebelumnya. Dewi mengatakan pula, ia pun mendapat banyak teman baru yang sama-sama sedang belajar memahami ajaran Islam. “Semua terjadi alami. Semua atas izin Allah,” ujarnya.

Semenjak mendalami ilmu agama, penyanyi dan artis peran Dewi mengaku sempat merasa bimbang ketika memutuskan untuk bernyanyi lagi. Mengapa? “Saya tanya sama ustaz kalau wanita bernyanyi itu gimana. Konon katanya, suara wanita itu aurat,” ujar Dewi saat dijumpai di Masjid Akbar Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2015).

Tak hanya itu, kegalauan Dewi muncul kembali ketika mendapat tawaran menyanyikanlagu tema film Air Mata Surga. “Saya tanya lagi, ‘Ustaz gimana nih?’. Ternyata jodoh nyanyiin lagu itu. Ada jalan,” ucap Dewi dengan senyum.

Dewi merasa hatinya dimantapkan untuk menyanyikan lagu tema tersebut yang bernuansa islami. “Untuk soundtrack ini, kami satu pemahaman dan lagu ini tidak keluar dari koridor (aturan) Allah. Lagunya enak banget,” kata dia.

Sebelumnya, ada saja yang menanyakan apakah saat menutup aurat dengan hijab, karier Dewi akan terpengaruh. Untuk pertanyaan seperti itu, Dewi punya jawabannya. “Hijab menutupi aurat kita tapi bukan otak kita. Jadi otak tetap berjalan untuk kerjain hal-hal positif dan baik, termasuk kalau suka bekerja dan berkarya,” ujar istri dari Agus Rahman ini.

Menurut Dewi, ada miskonsepsi bahwa ‘katanya’ ketika artis berhijab, rezekinya pun ikut tertutup. “Satu hal yang kita (para artis) selalu merasa bahwa dengan berhijab, pasti akan menutup pintu rezeki kita. Tapi itu miskonsepsi yang terbesar, bahwa wanita berhijab tidak bisa berkarier, tidak bisa tetap kreatif, tidak bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan selayaknya orang lain, itu adalah kesalahan terbesar. Karena rezeki sesungguhnya datang dari Allah, kita tidak tahu mau dari mana rezeki tersebut mengalir,” tuturnya.

Dewi Sandra memutuskan berhijab sejak sekitar tahun 2013. Sejak berhijab, ia pun didaulat untuk menjadi salah satu ikon produk kosmetika di Indonesia, menyusul artis senior Inneke Koesherawati yang sudah lebih dulu terpilih. (kompas.com)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com