Dekranasda Aceh Besar Bantu Pengrajin IKM

INGIN JAYA  – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Besar memberikan bantuan peralatan kerja dan bahan baku bagi pengrajin Industri Kecil Menengah (IKM), Sabtu (11/10) di Kantor Dekranasda Aceh Besar, Desa Gani, Kecamatan Ingin Jaya. Bantuan yang diberikan dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanjah Kabupaten (APBK) 2014.

Ketua Dekranasda Aceh Besar, Lissiani Mukhlis Basyah mengatakan, dengan peralatan dan bahan baku yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan produksi dan perekonomian para perajin di Aceh Besar.

“Dengan pemberian bantuan tersebut, dapat meningkatkan produktifitas hasil kerajinan dan menambah penghasilan perajin, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Aceh Besar,” kata Lissiani.

Disisi lain, istri Bupati Aceh Besar ini mengungkapkan sejak 2013 Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan UKM Aceh Besar terus berupaya meningkatkan produktifitas perajin. Ini dibuktikan pada tahun ini, pihaknya juga memberikan bantuan peralatan kerja dan bahan baku kepada para pengrajin bordir dan pembuat kue serta pengrajin lainnya dengan total anggaran Rp70 juta.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat digunakan dengan baik, dan sesuai peruntukannya, serta jangan sekali-kali berpindah tangan,” tegas Lissiani.

Ketua panitia Trizna Dharma ST  dalam laporannya menyampaikan, bantuan yang diberikan kepada pengrajin di Aceh Besar berupa peralatan kerja yakni mesin jahit, open elpiji, mixer, mesin obras. Dekranasda Aceh Besar juga memberikan bantuan untuk bahan baku berupa tiram, tepung, telur, kain beludru, poring jumping, manik-manik, renda, daun nipah, dan plastik.

“Bantuan diberikan untuk pengrajin sange, kue khas Aceh, tiram, bordir baju, dan menjahit,” kata Trizna kepada wartawan disela-sela kegiatan penyerahan bantuan tersebut. (mariadi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com