Cuaca Buruk, Kapal Cepat Jalan Satu Trip dari Sabang

AcehNews.net|SABANG – Angin kencang dan gelombang tinggi melanda perairan Aceh sepekan ini, khususnya di perairan Sabang – Banda Aceh menggakibatkan pelayaran kapal dari Pelabuhan Balohan menuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh terganggu dan mengurangi trip berlayar.

Kapal Cepat yang biasaanya melayani dua hinggga tiga trip setiap harinya sepekan terakhir ini hanya berlayar satu trip saja pada pagi hari saja, nyakni pukul 08.00WIB dari Pelabuhan Balohan, Sabang, pukul 9.30 WIB dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh tujuan Balohan Sabang.

Hal tersebut di benarkan Deta, salah satu tiketing (penjual tiket) kapal cepat Pelabuhan Balohan, Sabang saat di konfirmasi mengatakan,  sudah sepekan ini kapal cepat yang melayani penyeberangan Sabang Banda Aceh hanya berlayar satu trep saja pada pagi hari di karenakan cuaca buruk yang melanda Perairan Sabang.

“Sudah hampir seminggu kami hanya berlayar satu kali saja di pagi hari yakni pukul 08.00 WIB dari Balohan Sabang, dan pukul 09.30 dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, karena kalau dah sore angin selalu kencang dan gelombang lautnya tinggi sehingga kitapun tidak berani ambil resiko untuk jalan,” kata Deta kepada AcehNews.net, Jumat kemarin (12/08/2016).

Dari amatan AcehNews.net, tidak hanya kapal cepat saja yang mengurangi trip berlayar dari Sabang  ke Banda Aceh, hal tersebut juga terlihat pada kapal lambat KMP BRR yang hanya berjalan satu kali saja yakni pukul 08.00 WIB dari Balohan, Sabang dan pukul 13.30 WIB dari Ulee Lheue, Banda Aceh.

Padahal selama ini kapal lambat tersebut berlayar 2 hingga 3 kali setiap harinya untuk mengangkut penumpang dan barang lima hingga enam trip. Terganggunya pelayaran kapal penyeberangan tersebut, disebabkan karena gelombang laut di Perairan Sabang tinggi yang menurut prakiraan BMKG di atas 3 meter dan kecepatan angin 60 Km/jam. Kondisi cuaca buruk ini sudah terjadi dalam sepekan terakhir.

Meski kapal cepat berlayar satu trip dan kapal lambat berlayar satu trip, namun, sejauh ini belum ada penumpang yang terlantar atau tertunda keberangkatannya. (fitri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com