BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi 3 Meter  

BANDA ACEH|AcehNews.netBadan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan kepada masyarakat  yang tinggal di persisir, nelayan, dan pengusaha jasa angkutan laut, agar mewaspadai gelombang tinggi 3 meter di laut  Sabang dan Banda Aceh yang diprediksi akan terjadi pada 20 hingga 20 Juni 2015.

“Waspada gelombang tinggi hingga 3 meter dapat terjadi perairan Sabang dan Banda Aceh, terutama berbahaya bagi nelayan dan kapal kecil,” kata prakirawan Suyitno TA, Sabtu (20/6/2015) di Blang Bintang, Aceh Besar.

Suyitno memprakirakan gelombang tinggi tidak saja terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh, tetapi juga berpeluang terjadi di perairan  Barat dan Selatan, dan Utara dan Timur Aceh dengan ketinggian maksimum 2 meter.

Selain gelombang tinggi, BMKG mengeluarkan pernyataan jika dua hari ke depan, dari pantauan BMKG di Satelit Citra, di sebelah Timur Laut Aceh terdapat pusat tekanan rendah. Sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet dengan kecepatan 04 hingga 37 Km/jam yang bertiup dari arah Selatan.

“Perlu diwaspada tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan Aceh yang melintas di perairan Sabang dan Banda Aceh.  Sementara itu, wilayah Aceh umumnya cuaca cerah berawan dan turun hujan dengan intensitas ringan,” demikian Suyitno mengingatkan kembali. (saniah ls)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *