BMKG: Aceh  Akan Dilanda Cuaca Ekstrem  

AcehNews.Net| BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Aceh yang tinggal di wilayah Tengah, Barat, Selatan, dan Timur Aceh agar mewaspadai cuaca ekstrem dua hari kedepan yaitu 20 hingga 21 Oktober 2015.

Cuaca ekstrem yang dimaksud, dua hari kedepan akan dilanda hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir. Untuk itu BMKG meminta masyarakat yang tinggal di wilayah Tengah, Barat, Selatan, dan Timur Aceh, agar waspada dengan kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat itu.

Sementara itu dari hasil dinamikan atmosfer, angin permukaan ketinggian sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Tenggara hingga Barat dengan kecepatan 04 hingga 35 kilometer/jam.

“Cuaca umumnya cerah dan berawan pada pagi hari dan berpeluang hujan turun dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari,” kata prakirawan Rahmad Tauladani kepada AcehNews.Net, Senin sore (19/10/2015).

Sebut Rahmad, sejumlah kabupaten/kota yang akan dilanda hujan dengan intensitas sedang yaitu Tapak Tuan, Kutacane, Idi Rayeuk, Lhoksukon, Bireuen, Mereudu, Lhokseumawe, dan Langsa.

“Masyarakat dihimbau, sebaiknya menghindar aktifitas di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung, jangan berenang saat hujan, dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan sebab kayu penghantar listrik yang baik,” pesannya.

Selain wilayah Tengah, Barat, Selatan, dan Timur akan mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang, juga mengalami gelombang tinggi dengan ketinggian maksimum 2 meter yang dapat terjadi di perairan Barat-Selatan Aceh. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com