Begini Tinggi  Gelombang Laut di Aceh Dua Hari Kedepan  

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, mengeluarkan prakiraan dua hari kedepan, 23 hingga 24 Oktober 2016, tinggi gelombang di Aceh mencapai ketinggian maksimum 3 meter.

Rilis BMKG merincikan, tinggi gelombang di perairan Banda Aceh dan Sabang, Utara dan Timur, serta Barat dan Selatan Aceh  diprakirakan mencapai 0.5 hingga 2.0 meter. Perairan bagian Selat Malaka bagian Utara Aceh diprakirakan mencapai ketinggian dari 0.75 hingga 2.5 meter. Sedangkan tinggi gelombang Samudera Hindia Barat Aceh diperkirakan dari 1.5 hinga 2.5 meter.

Mengingat kondisi ini, BMKG mengingatkan masyarakat yang tinggal di persisir, nelayan, dan perusahaan perairan, senantiasa waspada dan berhati-hati dengan kondisi gelombang tinggi tersebut, yang juga disertai anggin kencang dengan kecepatan mencapai 35 Kilometer/jam.

“Pada umumnya Provinsi Aceh kondisi cuaca hujan ringan dan berpeluang hujan sedang. Angin dalam dua hari kedepan, ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat kecepatan mencapai 06 hingga 35 Kilometer/jam,”demikian sebut prakirawan Wahyuni Rizqiyah melalui rilis yang dikirim ke redaksi AcehNews.net, Sabtu (22/10/2016).

BMKG menyebutkan, Ahad dan Senin depan sejumlah wilayah Aceh yang dilanda angin dengan kecepatan 30 dan 34 Km/jam yaitu, Banda Aceh, Sabang, Meureudu, Calang, Suka Makmue, Blangpidie, Subulussalam, Singkil, Sinabang, dan Kota Jantho. Masyarakat diminta berhati-hati saat melintas di bawah pohon dan baliho. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com