Daya Beli Menurun,
Beberapa Harga Kebutuhan Pokok Ikut Turun

BANDA ACEH|AcehNews.net – Memasuki bulan Ramadahan 1436 Hijriah, sejumlah harga bahan pokok rumah tangga seperti cabai merah hingga tomat mengalami penurunan dari Rp30 ribu hingga Rp5.000 per kilogramnya. Hal ini lantaran daya beli masyarakat yang menurun.

Dari amatan AcehNews.net di Pasar Lambaro Aceh Besar, Ahad (21/6/2015) harga kebutuhan pokok rumah tangga mulai menurun. Seperti cabai merah pada hari meugang  mencapai harga Rp70 ribu per kilogram, hari ini menurun menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Begitu pun dengan harga cabai rawit, dari harga sebelumnya Rp35 ribu perkilogram kini turun hingga Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan harga tomat dari sebelumnya dijual Rp17 ribu per kilogram,  kini harga tomat turun menjadi Rp12 ribu per kilogramnya. Sementara harga bawang Aceh masih stabil yaitu Rp26 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang Pasar Lambaro, Sudirja mengatakan, alasan kenapa harga barang saat meugang melonjak tingg karena permintaan saat meugang juga tinggi. “Kalau sekarang masyarakat beli hanya untuk kebutuhan berbuka puasa saja, jadi ya sedikit,” tuturnya pada AcehNews.net.

Sukma, salah seorang pembeli sayuran mengatakan, ia tidak membeli sayuran terlalu banyak karena hanya dimakan saat waktu berbuka puasa dan sahur saja. Selain itu, harga sejumlah barang yang masih tinggi,  membuat nya tidak banyak membeli  keperluan bahan pokok lainnya.

“Paling beli bahan yang penting-penting saja. Kayak cabe, bawang, telur. Paling ya cuma bahan seperti itu saja,” sebutnya.

Ia berharap, harga kebutuhan pokok rumah tangga semoga cepat stabil karena tidak semua masyarakat Aceh mampu membeli semua kebutuhan pokok rumah tangga yang mengalami kenaikan harga “gila-gilaan” dalam beberapa bulan terakhir ini. (zuhri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com