Bandara Rembele Akan Jadi Terbesar Kedua di Aceh‎

TAKENGON – Bandara Rembele Kabupaten Bener Meriah yang sedang dalam tahap renovasi akan menjadi Bandara terbesar kedua di Provinsi Aceh, setelah Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Bupati Bener Meriah, Ruslan Abdul Gani menjelaskan, renovasi perluasan Bandara Rembele terbagi menjadi tiga fase atau tahapan, yakni fase pertama (sekarang) dipersiapkan untuk pesawat perintis yang dijadwalkan selesai 2018, fase kedua untuk pesawat Foker dan Hercules, sedangkan pada fase ketiga akan mampu disinggahi Boeing 737.

“Perluasan yang dilakukan terhadap Bandara Rembele Insya Allah akan menjadikanya terbesar kedua di Aceh, yang akan dapat dilalui pesawat berbadan lebar seperti Boeing, hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan sarana transportasi di Bener Meriah,” ungkapnya Rabu (7/1) disela peringatan HUT ke-11,  Kabupaten Bener Meriah

Renovasi terhadap perluasan Bandara Rembele meliputi pembangunan perkantoran, menara kontrol, perumahan dan penambahan panjang landasan yang akan memiliki total panjang sejauh 2.400 meter.

“Panjang fase pertama baru 1.400 meter, pada fase kedua ditambah lagi 700 meter, kemudian pada fase terakhir atau ketiga panambahannya tinggal 300 meter lagi, sehingga sudah memenuhi standar bagi pesawat seperti Boeing 737 dan sejenisnya,” jelasnya.

Ruslan Abdul Gani menambahkan Master Plan Bandara Rembele yang sudah disiapkan sejak tahun 2003 lalu, juga menjadi percontohan dalam perencanaan pembangunan bandara baru lainnya di Indonesia.‎(fijay)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com