10 Titik Longsor dan Jalan Amblas,
Akses Takengon- Nagan Raya Putus Total  

TAKENGON – Jalan yang menghubungkan Takengon – Nagan Raya melalui Kuyun Kecamatan Celala hingga saat ini masih belum bisa diakses alias putus total. Setidaknya menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD)Aceh Tengah terdapat lebih dari 10 titik longsor di ruas jalan, dan satu titik badan jalan amblas, sehingga membuat jalan ke Nagan Raya tidak bisa dilalui.

“Sejak Jum’at malam minggu lalu, tim kami sudah bekerja, namun belum bisa membuka ruas jalan Takengon-Nagan Raya melalui Kuyun Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah,” papar Jauhari, Senin sore (20/4/2015) kepada AcehNews.net. Jauhari pada  Ahad (19/4/2015) mengatakan, memantau proses pembersihan jalan dari longsoran tanah di Kampung Pepalang Kecamatan Pegasing.

Jauhari mengaku salah satu kendala yang membuat pekerjaan membersihkan longsoran tanah akibat hujan yang masih turun hingga Ahad dua hari lalu.”Intensitas hujan masih tinggi dan ikut membawa longsoran tanah, sehingga petugas kami juga melakukan pembersihan dengan hati-hati,” jelas Jauhari.

Selain itu, alat berat yang dipergunakan juga masih terbatas, setidaknya di lapangan hanya terlihat dua unit alat berat jenis excavator dan wheel Loader. Menurut Jauhari pihaknya akan memaksimalkan kerja alat berat tersebut secepat mungkin, dan mempersiapkan alat-alat tersebut kembali untuk mengantisipasi kebutuhan dilokasi lain.

Untuk keamanan warga, Jauhari menghimbau sementara waktu warga tidak melewati jalan Kuyun karena dikhawatirkan ada longsoran tanah yang tiba-tiba dan badan jalan yang masih licin akibat ditutupi lumpur.”Untuk sementara warga dapat menempuh jalur alternatif via Angkup,” demikian kata Jauhari kepada AcehNews.net di Takengon, Aceh Tengah.

Sebelumnya dikabarkan, disela pembersihan jalan Kuyun, pihak BPBD Aceh Tengah juga turut mengevakusi 43 warga yang terjebak di perkebunan kopi akibat akses jalan ke kebun mereka tertutup tanah ataupun longsornya jalan.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com