Aceh Targetkan Produksi Padi Capai 2,7 Juta Ton  

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian menargetkan produksi padi pada 2015 sebesar 2,7 juta ton. Target itu bedasarkan instruksikan Menteri Pertanian kepada Pemerintah Aceh untuk meningkatkan produksi padi hingga 2,7 juta ton.

Kepala Dinas Pertanian Aceh, Lukman Yusuf menjelaskan, Pemerintah Aceh sebelumnya menargetkan produksi padi pada tahun 2015 ini sebesar 2,1 juta ton, dari target produksi padi sebelumnya 2 juta ton.

“Namun, muncul kegiatan lain dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Pertanian, sehingga Menteri Pertanian mengintruksikan Pemerintah Aceh untuk meningkatkan produksi padi hingga 2,7 juta ton pada tahun ini,”imbuhnya.

Dikatakannya, Aceh menjadi sebuah provinsi yang dibebankan untuk peningkatan produksi padi dari 10 provinsi yang ada di Indonesia. Maka Aceh dituntut untuk menambah peningkatan produksi menjadi 2,7 juta ton di tahun ini.

Meskipun demikian, kata Lukman tidaklah mudah untuk mencapai target tersebut. Namun, pihaknya akan terus berusaha untuk mencapai target tersebut hingga seratus persen. “Kita sangat optimis target produksi padi 2,7 juta ton akan terealisasi di akhir 2015 nanti, karena setiap tahun produksi padi mengalami peningkatan,”ungkap Lukman Yusuf, Kamis (29/1/2015) di Banda Aceh.

Ia juga mengatakan,untuk mencapai target tersebut, pihaknya telah menyiapkan rencana aksi pertanian Aceh, berupa revitalisasi lahan, penguatan benih,  irigasi tersier, peningkatan nilai tambah, dan pemasaran hasil pertanian.

Bahkan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan dinas kabupaten untuk berupaya meningkatkan produksi padi dari luas lahan yang dimiliki masing-masing kabupaten di Aceh. Selain itu, pihaknya instansi pertanian juga telah melakukan kerjasama dengan TNI, dan juga telah meneken beberapa fakta intergritas untu memenuhi target tersebut.

“Aceh berkomitmen terhadap terget yang diberikan oleh pemerintah pusat, karena setiap Kabupaten sudah memiliki tugas sendiri untuk mencapai target tersebut,”tambahnya.

Dia menyebutkan, luas tanam padi di Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun, pada 2014, luas tanam padi Aceh mencapai 456.673 hektare, dengan total luas panen mencapai 447.050 hektare Oleh karena itu, untuk pencapai target produksi padi 2,7 juta ton pertahun, pihaknya menargetkan peningkatan luas tanam di tahun 2015 mencapai 567.000 hektare, dan proyeksi luas panen mencapai 540.000 hektare.

Lukman juga menuturkan, dengan target luas tanam dan luas panen tersebut, pihaknya juga akan meningkatkan provitas sebesar 50,00 kuintal perhektar. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com