Aceh Masih Dilanda Hujan Lebat

BANDA ACEH – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi dua hari, ke depan, 27-26 Desember 2014, Aceh masih berpeluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Masyarakat diminta tetap berhati-hati dengan kondisi cuaca tersebut.

Dari amatan satelit Citra, BMKG melihat masih tingginya pertumbuhan awan hujan di atas atmosfer Aceh.Menurut prakirawan Khairul Akbar, hal ini terjadi karena masih adanya dinamika atmosfer yang mendukung pertumbuhan awan hujan.

“Hari ini dominan Barat-Selatan tertutup awan hujan semua. Sekarang ini sepertinya juga lagi hujan lebat di Barat yaitu Simeulue, Sabang, dan Pulo Aceh,” prediksi Khairul dari amatan yang dilakukannya melalui Satelit Citra, Rabu malam (24/12).

Jelas Khairul, intensitas hujan sedang dengan curah hujan 20 hingga 50 mm/hari, sedangkan lebat dengan curah hujan 50 hingga 100 mm/hari.  “Masyarakat perlu waspadai hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Aceh,” kata Khairul mengingatkan kembali.

Sejumlah wilayah yang diprediksi akan turun hujan dengan intensitas lebat yaitu Blang Pidie dan Suka Makmue. Sementara wilayah lainnya sebut Khairul berpeluang hujan turun dengan intensitas sedang, kecuali Calang dengan intensitas ringan.

Selain berpeluang hujan, kecepatan angin dua hari ke depan, Kamis (25/12) dan Jumat (26/12) ketinggian permukaan sampai 3.000 feat umumnya bertiup dari arah Timur laut dengan kecepatan 06 hingga 34 Km/jam.

Sedangkan tinggi gelombang, BMKG memprediksi di perairan Sabang dan Banda Aceh, pun Barat dan Selatan tingginya maksimum 2,5 meter. Untuk perairan Utara dan Timur Aceh diprakirakan berkisar 0.5 hingga 1.5 meter. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com