Kecepatan Angin di Sabang 60 Km/jam,
Aceh Dilanda Hujan Petir dan Angin Kencang 

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Sejumlah wilayah di Aceh diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan dilanda cuaca buruk, yaitu hujan yang disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sejumlah wilayah di Aceh, dua hari ke depan, 12 hingga 14 Agutus 2016.

BMKG mengeluarkan pernyataan dari pengamatan cuaca yang dilakukan hari ini, Kamis (11/08/2016), sejumlah wilayah di Aceh tidak saja mengalami hujan dengan intensitas sedang yang disertai petir, namun juga terjadi angin kencang di sejumlah wilayah lainnya.

Sejumlah wilayah yang diprakirakan terjadinya hujan yang disertai petir yaitu,  Sabang, Mereudu, Idie Rayeuk, Lhoksukon, Lhokseumawe, Langsa, Karang Baru, Calang, Meulaboh, Suka Makmue, dan Sinabang. Hujan dengan intensitas sedang yang disertai petir dapat terjadi pada siang hingga malam hari.

Sementara sejumlah wilayah lain di Aceh dari pengamatan BMKG, terdapatnya awan tebal dan hujan lokal yang terjadi pada siang hingga malam hari.

BMKG mengeluarkan pernyataan agar masyarakat waspada dan tetap hati-hati, dua hari ke depan,  karena sejumlah wilayah di Aceh berpotensi terjadinya hujan sedang dan petir yang juga disertai angin kencang.

Wilayah Aceh yang diprakirakan BMKG dilanda angin kencang yaitu Sabang, Banda Aceh, dan Aceh Besar. Tinggi permukaan angin mencapai 3.000 feet yang umunya bertiup dari Barat hingga Barat Daya dengan kecepatan  10 hingga 60 Km/jam.

Menurut prakirawan, Khairul Akbar, kondisi sifat angin kecang yang sering  berubah-rubah, kadang muncul dan kemudian menghilang diprakirakan sejak Mei hingga berakhir September mendatang.

“Ada terdapat tekanan rendah di Pulau Andaman yang berpengaruh terhadap cuaca di atmosfir Aceh. Meski Aceh masih musim kemarau, namun sering terganggu pola anginnya.  Angin kencang yang terjadi sifatnya fluktuatif. Bisa saja dalam dua hari muncul, kemudian menghilang, dan bisa saja kemudian muncul lagi,” jelas Khairul kepada AcehNews.net, Kamis (11/08/2016) di Blang Bintang, Aceh Besar.

Lanjut Khairul, angin kencang yang terjadi juga mempengaruhi terjadinya gelombang tinggi yang diprakirakan di perairan Sabang-Banda Aceh ketinggiannya di atas 3 meter. Sedangkan di perairan Barat-Selatan 2,5 meter. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com